Kos adalah rumah kedua bagi anak perantauan yang sedang menempuh studi ataupun kerja. Seperti rumah pada umumnya, kos berfungsi sebagai tempat tinggal dan menemukan kehangatan keluarga. Bagi penghuninya sendiri, kos bisa dijadikan saksi bisu keluarnya air mata atas perjuangan hidup atau cinta yang dialami. Atau malah tempat kos lebih menarik akan cerita-cerita di dalamnya ketimbang rumah.

Berkumpul dengan sesama pejuang di tanah rantau, menjadikan kos sebagai tempat pelarian yang tepat untuk mengeluarkan unek-unek, melepas lelah, mencari setitik kebahagiaan. Rasa senasib dan sepenanggungan menjadi alasan klise untuk membuat mereka semua (penghuni kos) lebih akrab, sehingga cerita penuh haru biru yang menguras air mata hadir dalam tengah-tengah kos. Hal semacam ini hanya ditemukan di dalam kos, tidak di rumah.

Apa saja kejadian dan cerita yang telah mengisi warna-warni hidup anak kos ? Yuk kita simak.

1. Antri mandi berjam-jam dan ternyata air habis.

Ritual wajib setiap kos di seantero negeri Indonesia adalah antri mandi. Entah ini sudah menjadi suratan takdir atau bagaimana, setiap pukul 06.00-07.00 pasti setiap pintu kamar mandi tertutup dengan penunggu yang berbaris seperti domino di depannya. Cilakanya, agenda wajib anak kos untuk antri mandi akan berujung sebuah penyesalan yang sangat mendalam dan menguras emosi jika pas gilirannya air habis. Apalagi tempat kos yang sering dilanda krisis air, kesabaran dan minyak wangi sangat diuji. Biasanya setelah mendengar kabar air habis, umpatan-umpatan keluar dari mulut manis mereka dan segera melangkahkan kaki mencari masjid atau pom bensin terdekat : numpang mandi.

Advertisement

2. Mules menjadikan adrenalin anak kos naik beberapa persen.

Selain masalah antri mandi yang menjadi momok sekaligus agenda setiap anak kos, mules dan kebelet juga menjadi agenda setiap hari. Apalagi pas mules kamar mandi penuh semua dan harus antri dinomor seratus sekian, beuhhh rasanya pengen ngebunuh semua orang dengan senapan rudal pinjaman tentara AS. Emosi orang mules lebih menakutkan daripada orang kelaparan. Dobrakan-dobrakan pintu kamar mandi tidak terelakan. Anak kos dengan hasrat mules vs hasrat ingin mandi menjadi duel maut yang patut disaksikan dalam merebutkan kamar mandi. Tapi biasanya hasrat mules selalu menang dalam merebutkan kamar mandi. Mungkin adrenalin yang naik beberapa persen membuat wajahnya sangat sepet untuk dilihat.

3. Adzan Maghrib sebagai panggilan untuk mandi sore.

Jikalau di rumah mandi sore sudah dijadwal oleh papa mama dengan rentang pukul 15.00-17.00 (jika melanggar akan kena marah atau hukuman), beda halnya jika di kos. Hasrat ingin mandi sore akan datang jika adzan maghrib sudah berkumandang. Kelakuan anak kos inilah yang sering menyebabkan antri mandi dan air habis (lihat poin satu) tidak terelakkan. Lhawong, yang mandi langsung serentak pas adzan maghrib.

4. Malam bagaikan pagi, pagi bagaikan malam.

Pola tidur dan pola aktivitas anak kos memang membuat geleng-geleng kepala. Banyak diantara anak kos yang memberikan pernyataan kalau waktu malam hari merupakan waktu yang paling pas untuk melakukan segala aktivitas. Mengerjakan tugas kuliah, menulis, menonton film atau stalker mantan lebih efektif dilakukan malam hari. Kinerja otak malam hari cespleng gitu. Karena semalaman suntuk begadang, alhasil pagi harinya dijadikan ajang balas dendam untuk tidur sepuasnya.

5. Hibernasi yang buta waktu.

Menelisik dari poin empat yang telah diuraikan di atas, tidur atau istilah kerennya hibernasi anak kos sangat tidak terstruktur, teratur, dan terjadwal. Beda saat kecil dulu, dimana pagi hari waktunya beraktivitas dan malamnya untuk beraktivitas. Entah mengapa semenjak menjadi anak kos, aturan tersebut tidak berlaku lagi. Tidur malam di pagi hari, tidur siang di sore hari atau bahkan maghrib bisa saja dilakukan oleh anak kos.

6. Rebutan TV

Teruntuk anak kos yang hidupnya penuh dengan drama, pasti benda yang bernama TV menjadi pusaka aji miliknya. Apalagi jika dalam sebuah ruangan televisi anak-anak kos pada kumpul dan si A minta chanel B, si B minta chanel A. Perang dunia ketiga akan segera terbit.

7. Coba tambahkan secuil dari seklumit cerita anak kos yang teman-teman rasakan. Hehe.