Pada era modern saat ini para karyawan, staf, supervisor, manager bahkan sampai level Direktur pun dituntut untuk selalu membuka wawasan, menambah kemampuan dan keahlian mereka. Hal ini bertujuan agar mereka bisa bekerja dengan baik dan mampu menjalankan tugas sesuai dengan posisi jabatan yang mereka pegang. Sehingga untuk itu usaha pengembangan sumber daya manusia dalam organisasi/perusahaan yang bersangkutan sangatlah dibutuhkan.

Organisasi tidak dapat membangun tim profesional profesional yang baik tanpa Sumber Daya Manusia yang baik. Fungsi utama tim Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) mencakup merekrut orang, melatih mereka, penilaian kinerja, memotivasi karyawan serta komunikasi di tempat kerja, keselamatan kerja, dan banyak lagi. Efek menguntungkan dari fungsi ini dibahas di sini:

1. Rekrutmen dan Pelatihan

Inilah salah satu tanggung jawab utama tim sumber daya manusia. Manajer SDM mengemukakan rencana dan strategi untuk merekrut orang yang tepat. Mereka merancang kriteria yang paling sesuai untuk deskripsi pekerjaan tertentu. Tugas mereka yang lain terkait dengan perekrutan termasuk merumuskan kewajiban seorang karyawan dan lingkup tugas yang ditugaskan kepadanya.

Berdasarkan dua faktor tersebut, kontrak seorang karyawan dengan perusahaan sudah dipersiapkan. Bila dibutuhkan, mereka juga memberikan pelatihan kepada karyawan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Dengan demikian, anggota staf mendapatkan kesempatan untuk mempertajam keterampilan mereka saat ini atau mengembangkan keahlian khusus yang pada gilirannya akan membantu mereka untuk mengambil beberapa peran baru.

Advertisement

2. Penilaian Kinerja

MSDM mendorong orang-orang yang bekerja dalam sebuah organisasi, untuk bekerja sesuai dengan potensi mereka dan memberi mereka saran yang dapat membantu mereka mewujudkan perbaikan di dalamnya. Tim berkomunikasi dengan staf secara terpisah dari waktu ke waktu dan memberikan semua informasi yang diperlukan mengenai penampilan mereka dan juga menentukan peran masing-masing.

Hal ini menguntungkan karena memungkinkan mereka membentuk garis besar tujuan yang mereka antisipasi dengan cara yang lebih jelas dan dengan demikian, membantu mereka menjalankan tujuan dengan upaya terbaik. Penilaian kinerja, bila dilakukan secara rutin, memotivasi karyawan.

3. Menjaga Atmosfir Kerja

Ini adalah aspek vital MSDM karena kinerja seseorang dalam suatu organisasi sebagian besar didorong oleh atmosfir kerja atau budaya kerja yang berlaku di tempat kerja. Kondisi kerja yang baik merupakan salah satu manfaat yang dapat diharapkan karyawan dari tim sumber daya manusia yang efisien. Lingkungan yang aman, bersih dan sehat dapat menghasilkan yang terbaik dari seorang karyawan. Suasana yang ramah juga memberikan kepuasan kerja bagi anggota staf.

4. Mengelola Sengketa

Dalam sebuah organisasi, ada beberapa masalah yang mungkin timbul perselisihan antara karyawan dan pengusaha. Bisa dikatakan konflik hampir tak terelakkan. Dalam skenario seperti itu, departemen sumber daya manusia bertindak sebagai konsultan dan mediator untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan cara yang efektif. Mereka pertama kali mendengar keluhan pegawai. Kemudian mereka menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikannya. Dengan kata lain, mereka mengambil tindakan tepat waktu dan mencegah hal-hal keluar dari tangan.

5. Mengembangkan Hubungan Masyarakat

Tanggung jawab membangun hubungan masyarakat yang baik terletak pada MSDM untuk sebagian besar. Mereka mengatur pertemuan bisnis, seminar dan berbagai pertemuan resmi atas nama perusahaan untuk membangun hubungan dengan sektor bisnis lainnya. Terkadang, departemen HR berperan aktif dalam mempersiapkan rencana bisnis dan pemasaran untuk organisasi juga.

Setiap organisasi, tanpa pengaturan SDM yang tepat pasti akan mengalami masalah serius saat mengelola kegiatan rutinnya. Untuk alasan ini, saat ini, perusahaan harus berupaya keras dan energinya untuk membentuk MSDM yang kuat dan efektif.