Aku percaya, Tuhan selalu memberikan yang terbaik untukku. Tuhan tidak pernah tidur. Tuhan selalu tahu seperti apa impianku. Tuhan selalu memberikan sebuah jalan dan kesempatan bagi kita yang mau berusaha. Setiap rencananya selalu memiliki cara dan waktu yang tepat untuk hambanya. Selalu ada pelajaran yang dapat dipetik dari setiap kejadian. Pelajaran yang membuatku selalu percaya, bahwa masih ada sebuah harapan dalam setiap mimpi yang selalu kita jaga.

Sebuah mimpi yang sudah lama aku pendam. Sebuah mimpi yang membuatku belajar arti sebuah perjuangan. Sebuah mimpi yang membuatku belajar untuk menghargai setiap hal-hal terkecil dalam sebuah kehidupan. Dan sebuah mimpi yang memberiku pelajaran agar selalu berusaha tanpa pernah ada menyerah.

Diremehkan, dicaci, dijauhi, bahkan tidak dipercaya adalah sesuatu hal yang paling menyakitkan. Setiap kata-kata, cacian yang selalu kita dapatkan bagaikan sebuah ujung tombak yang begitu menyakitkan. Setiap pengkhianatan membuatku percaya bahwa Tuhan selalu ada untukku. Memperlihatkan siapa yang selalu ada untukku, dan memberiku sebuah kesabaran dalam menghadapi setiap masalah.

Setiap penolakannya, setiap ketidakpercayaannya membuat kita belajar untuk menghargai hal-hal terkecil di sekitar kita. Memberikan bantuan pada seseorang yang membutuhkan dan berani dalam berbuat sebuah kebaikan.

Setiap kali kita mengingat sebuah cacian, remehan, rasanya ada sebuah perasaan yang membuat hati dan batin ini marah. Ada sesuatu hal yang membuat dada ini rasanya begitu sesak. Ingin rasanya menangis, dan meraung dengan kencang untuk membalas apa yang pernah mereka lakukan. Namun, bukankah sebuah kejatahan harus dibalas dengan sebuah kebaikan. Akan selalu ada waktu untuk bisa membalasnya.

Advertisement

Begitu banyak cerita orang-orang sukses di sekitar kita. Banyak diantara mereka yang kini menjadi sebuah kisah inspiratif dan pembelajaran bagi kita semua. Mereka mengajarkan agar kita jangan pernah menyerah. Menyerah pada sebuah keadaan. Menyerah pada sebuah impian. Dan menyerah pada sesuatu pilihan hidup. Karena, disaat kita memilih untuk menyerah, semua akan berakhir. Banyak diantara mereka butuh ribuan bahkan jutaan kali sebuah kegagalan. Mereka berjuang, pantang menyerah, sampai akhirnya berhasil mencapai batas puncak kesuksesan.

Ada orang yang bilang, memiliki sebuah mimpi itu adalah sesuatu hal yang tidak mungkin. Kerasnya sebuah kehidupan terkadang membuat kita berpikir ribuan bahkan jutaan kali untuk meraih cita-cita. Kebutuhan yang banyak, ekonomi yang terkadang tidak menentu membuat sebuah batu sandungan berada tepat dihadapan kita. Namun, kita tidak pernah tahu, bahwa rencana Tuhan jauh lebih indah.

Kadang kala, kita harus merasa kepepet dulu agar kita bergerak untuk maju. Selalu ingat ‘This is kepepet’. Ketika seseorang kekepet, ia akan mengeluarkan semua potensi dan kemampuan yang dia miliki. Tujuannya hanya satu, yaitu menghasilkan suatu karya yang terbaik.

Jadi teringat dengan sebuah pepatah bahwa ‘orang tidak melihat bagaimana kamu memulai sesuatu, tapi bagaimana kamu mengakhiri sesuatu- Budi Waluyo’. Salah satu tulisan yang aku kutip dari kak budi. Tulisan yang selalu membuatku ingat selalu. Membuatku meyakini sesuatu bahwa terkadang kita selalu melihat sebuah hasil daripada sebuah proses. Tapi, taukah kalian, bahwa dengan kita menjalani sebuah proses, kita akan mendapatkan begitu banyak pengalaman, pembelajaran, dan menghindari sebuah kesalahan-kesalahan yang sama.

Pernah nonton film naruto? Film yang menceritakan tentang seseorang yang hidup sebatang kara di sebuah desa, di Konoha. Seseorang yang dijauhi bahkan dibenci oleh para penduduk desa. Suatu kekuatan yang membuatnya dibenci oleh orang-orang disekitarnya. Kekuatan yang membuat hokage 4 mati. Kekuatan yang dipercaya dapat membawa malapetaka di desa konoha. Namun, taukah kamu, di setiap cerita naruto; kita selalu diajarkan bagaimana bangkit dari sebuah keterpurukan, mencoba hal-hal yang baru, bermimpi setinggi langit, dan menjaga sebuah impian itu agar suatu hari nanti impian itu akan tercapai.

Satu hal yang pasti, naruto selalu berjuang tanpa pernah menyerah. Ia membuktikan pada seluruh pendudukan di desanya, bahwa ia bisa menjadi seseorang yang kuat. Masih ingat saat Naruto diremehkan, bahkan ditertawakan karna sebuah impian yang menurut orang-orang mustahil untuknya. Naruto yang bermimpi menjadi seorang hokage yang melindungi desa dan para penduduknya, menjaga perdamaian dunia.

Tapi, siapa yang tahu, di setiap usahanya yang sulit. Di setiap jatuh bangunnya seorang naruto mampu mencapai apa yang selalu menjadi mimpinya. Dengan perjuangannya yang sulit, dari sebuah remehan kini menjadi sebuah pujian untuknya. Dari sebuah rasa dijauhi, kini ia memiliki banyak teman yang selalu ada untuknya.

Kekuatan yang dulu selalu dibenci. Kekuatan yang menjadi sebuah bumerang, senjata kematian kini berubah menjadi sebuah senjata untuk menyelamatkan desa. Naruto berhasil membuktikan, bahwa impian itu ada dan nyata. Impian itu bisa diraih selama kita selalu menjaga, dan berusaha untuk meraihnya. Siapa yang tahu, naruto berhasil menjadi seorang hokage dan pahlawan di desanya.

Kita tidak pernah seperti apa masa depan. Kita tidak pernah tahu, seperti apa kita nanti. Yang kita tahu, bagaimana caranya kita memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi, menjadi seseorang yang lebih berguna bagi orang lain.

Selalu ada pepatah ‘Jangan pernah menilai seseorang dari penampilannya bahkan masa lalunya’. Kadang kala, kita selalu menilai seseorang dari sebuah masa lalunya. Masa lalu yang selalu kita bicarakan, tapi tidak pernah melihat bagaimana masa depan berada.

Setiap orang pasti memiliki sebuah mimpi. Tapi, bagaimana jika sebuah mimpi yang telah kita simpan, kita rajut selama ini harus berakhir karena sebuah pilihan hidup. Akankah kita menyalahkan pilihan itu, ataukah kita menentang pilihan itu.

Setiap apa pun itu akan selalu memiliki sebuah 'resiko' namun, selalu yakin bahwa apa pun yang kita pilih, itu adalah yang terbaik untuk kita. Sesuatu hal yang membuatku membangun sebuah mimpi yang akan menjadi sebuah hal yang besar untuk kita, dan selalu yakin bahwa apa pun yang Tuhan berikan pada kita, itu adalah sebuah rencana yang indah untuk kita.

Selalu ada jalan, selama kita mau berusaha