Bangga selesai kuliah? Mungkin itu hanya sementara yang bisa kamu rasakan. Kenapa tidak, begitu kuliahmu selesai maka akan banyak datang pertanyaan yang bakalan menghampiri, kapan kamu kerja? Kerja dimana sekarang? Ini adalah pertanyaan yang bukan jadi lagi rahasia, hampir semua sarjana muda pasti akrab dengan pertanyaan seperti ini. bersabarlah menghadapi pertanyaan yang menyebalkan ini, pastinya kamu bakalan jengkel setiap hari harus mendengar pertanyaan yang itu-itu aja yang membuat indra dengar kamu mendadak menjadi panas. Hal ini pastinya akan menghantui hidupmu, bahkan membuatmu ingin menyendiri dari keramaian dan mau tidak mau pertanyaan seperti itu akan menuntut kamu untuk lebih giat dalam mencari pekerjaan untuk segera terlepas dari serangan pertanyaan-pertanyaan menyeramkan itu. meskipun pada kenyataannya mencari kerja itu luar biasa susahnya dan tidak semudah yang kita bayangkan.

Begitu banyak tantangan yang akan kamu hadapi ketika memutuskan untuk mencari kerja, salah satunya kamu harus bersaing dengan ribuan pengangguran lainnya yang sudah terlebih dahulu menyelesaikan studinya dari kamu, belum lagi pengalaman mereka yang sudah cukup dan matang dibandingkan kamu yang freshgraduate yang sama sekali belum memiliki pengalaman kerja, yah namanya juga freshgraduate ya wajar lah kalau kamu belum punya pengalaman kerja kan gaes, meskipun kita belum pernah berpengalaman dalam bekerja jangan sampai membuat kamu pantang menyerah gaes, kamu harus optimis dan yakin bahwa kamu mampu bersaing dengan mereka yang jauh lebih senior , yakinlah dengan kemampuan dan rejeki kamu belum lagi kalau ada faktor x atau faktor keberuntungan makanya yakin kalau rejeki sudah diatur yang maha kuasa, tinggal kamunya aja terus berusaha dan berdoa.

Namun ada hal yang termasuk berat juga bagi sarjana baru saat melamar pekerjaan dan itu adalah…… TOEFL !!!!! ini yang membuat sebagian orang setres, ketika TOEFL hadir sebagai salah satu syarat yang harus kamu penuhi, tak banyak pelamar langsung down ketika ada syarat seperti ini bahkan tanpa berpikir panjang mereka langsung mundur sebelum bertarung, apalagi skor yang diminta sekarang lumayan tinggi. Hampir disetiap lowongan kerja yang ada toefl itu seakan selalu hadir sebagai sebuah syarat khusus. Tapi dibalik ini semua bisa kamu jadikan pelajaran bahwa kamu perlu belajar bahasa asing terutama bahasa inggris, sebenarnya sih mulai dari kecil harus udah belajar itu bahasa, kan anak-anak masih cepat tanggap apa yang diajarkan, tapi kamu juga harus tahu tidak ada kata terlambat untuk belajar, kamu harus mampu menguasai bahasa asing itu, karena sekarang banyak yang membutuhkan kemampuan bahasa inggris. Semangat, semoga cepat dapet kerja yah gaes !