Penulis : Endah Kusuma Wardani, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.,Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Semakin Maraknya Kenakalan Remaja

Masa remaja merupakan masa dimana seseorang mulai mencari jati dirinya, seseorang bisa di katakan remaja jika sudah menginjak umur 17 tahun dan sudah mengalami pubertas. Biasanya usia remaja itu ingin mencoba segala sesuatu yang baru, mulai muncul berbagai macam gejolak emosi dan banyak timbul masalah baik keluarga maupun lingkungan sosialnya. Kenakalan remaja adalah wujud dari konflik yang tidak terselesaikan dengan baik pada masa kanak-kanak maupun pada saat remaja.

Kenakalan remaja sekarang ini semakin merajalela dan akhir-akhir ini kenakalan remaja sangat memprihatinkan. Bentuk kenakalan remaja banyak sekali antara lain : narkoba, tawuran, membolos mencuri, berbohohong, merokok, terlibat tindakan kriminal dan lain-lain, semua itu dapat dilihat langsung di lingkungan sekitar.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya faktor-faktor menunjang perubahan perilaku di kalangan remaja seperti, kurangnya kasih sayang orang tua, kurangnya pengawasan dasar orang tua, dasar agama yang kurang, bisa juga karena tidak tepat dalam memilih teman atau lingkungan pergaulan, sehingga bisa menyebabkan terjerumusnya dalam pergaulan yang salah.

Advertisement

Ada beberapa cara yang mungkin bisa dijadikan usaha untuk mengatasi dan mencegah kenakalan di kalangan remaja diantarnya, perlunya pendidikan agama sejak dini yang rutin yang berguna untuk mempertebal keimanan dan jangan terpancing untuk mencoba hal-hal yang menurut agama dan hukum dianggap salah.

Walaupun orang tua tidak mengajarkan secara penuh agar anaknya menjadi orang baik, tetapi keinginan mereka sudah pasti ingin anak-anaknya menjadi orang baik-baik. Tidak satu orang tua pun menginginkan anaknya berperilaku buruk dan terjerumus ke dalam kenakalan remaja. Anak-anak remaja pasti sudah bisa untuk memilah dan memilih mana perilaku yang baik dan mana peilaku yang buruk.

Lingkungan itu berperan sangat penting dalam menentukan perilaku, sebagai generasi muda harus bisa menjaga pergaulan agar tidak terjerumus ke dalam hal negatif, berhati-hati dalam mencari teman dan berperilaku itu sangat penting apabila salah pergaulan hanya akan merugikan diri sendiri, orang tua dan orang lain.