Siapa sih yang gak suka bermain game, hampir disaat kita jenuh bermain game bisa membuat pemainnya menjadi lebih bersemangat. Namun, tahukan kamu bahwa beberapa game yang mengandung unsur kekerasan justru akan memicu seseorang menjadi lebih emosional dan agresif dalam kehidupannya sehari-hari.

Melansir dari Techtimes, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Gregor Szycik, Gregor merupakan penulis serta peneliti di Hannover Medical School, menjelaskan bahwa orang yang sudah lama memainkan game kekerasan akan terlihat pada syaraf otaknya menimbulkan aktivitas syaraf yang cukup tinggi serupa dengan seseorang yang sedang memuncak emosionalnya

Dalam melakukan penelitiannya Profesor Gregor menggunakan sebuah alat pemindai otak atau magnetic resonance image (MRI) pada otak seseorang yang memainkan game berunsur kekerasan dengan orang yang yang tidak memainkan game kekerasan.

Seluruh relawan adalah pria yang terbiasa dan pernah memainkan game first person shooter seperti call of duty selama empat tahun, sepanjang tahun tersebut mereka memainkan game selama dua jam per hari. Selain bermain game dan diteliti oleh tim peneliti mereka juga dimintai mengisi kuis psikologi untuk mengukur empati serta potensi agresivitas mereka. Berikutnya juga mereka diperlihatkan serangakaian gambar untuk melihat bagaimana reaksi emosi mereka.

Dan Wow! Hasilnya mereka memiliki kencenderungan lebih emosional setelah memainkan game tersebut. Hasil dari penelitian ini kemudian dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Psychology untuk menjadi bahan referensi penelitian selanjutnya.

Advertisement

Memang bermain game mampu membunuh kejenuhan namun alangkah bijaknya jika kamu tidak terlalu sering bermain game, mungkin ada hal lain yang kamu sukai selain bermain game untuk menghilangkan kejenuhan seperti membaca buku, menggambar atau menulis puisi. Selain melatih kreativitasmu mengurangi intensitas bermain game juga baik untuk mengurangi keterantungannmu pada game karena dapat merusak penglihatanmu terlalu sering terkena sinar radiasi pada smartphone ataupun PC.

Atau jika kamu memiliki jiwa bisnis, kamu bisa mencoba berbisnis kecil-kecilan seperti menjual hasil pakaian, barang-barang bekasmu yang layak atau hasil kreativitasmu tadi secara online, bukankah lumayan jika kamu bisa mendapatkan pendapatan dari hasil kejenuhanmu tadi.