Dalam merayakan moment kemerdekaan, perlombaan menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan. Entah niatnya untuk menggelorakan atau pun hanya sekedar untuk berbagi kebahagiaan dimoment kemerdekaan, dan hal itu akan selalu dinanti-nantikan. Dan perlombaan yang sering atau pernah kita lakukan akan salalu menyimpan makna dan pelajaran dalam menjalani kehidupan, dan hal itu saya dapatkan dari perenungan dan pengalaman, bahwa :

Perlombaan bukan saja tentang kemenangan dan kekalahan namun juga mengajarkanmu tentang keberpasrahan dari apa yang kau usahakan.

Dalam sebuah lomba, yang pasti harus selalu ditentukan , ialah kemenagan dan kekalahan. kemenagan seakan menjadi hal yang semua orang inginkan, dan berbanding terbailik dengan kekalahan yang semua orang ingin menjauh darinya, tapi lebih dari sekedar itu, Karena sejatinya kita mansuia yang bertuhan, otomatis kemenangan dan kekalahan dalam perlombaan juga membuatmu belajar untuk selalu berusaha sebaik mungkin ada pasrah atas apa yang telah kau usahakan.

Perlombaan bukan saja tentang kekompakan namun juga mengajarkanmu kebersamaan.

Kompak dalam menjalankan sebuah lomba, sekan menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan, demi mencapai kemenangan yang dinanti-nantikan, dengan menyusun startegi yang matang seakan menjadi hal yang harus dipastikan. Namun jika kita kita renungkan lebih dalam bahwa sejatinya arti dari kekompakan ialah kebersamaan dan dengan kebersamaan yang kauatlah kekompakan yang tak tertandingi tercipta.

Advertisement

Perlombaan bukan saja tentang kepuasan namun juga mengajarkanmu tentang arti dari pencapaian.

Kemenangan yang diraih setelah perlombaan pasti akan akan memberikan sebuah kepuasaa dari apa yang telah kita usahakan. Rasa haru dan terimakasih pada tuhan kala itu pasti harus terucapkan, namun sejatinya jika kita melihat lebih dalam bahwa kepuasan bukanlah satu-satunya yang kau dapat, namun pencapaian atas semua hal yang telah kau lakukanlah yang juga semestimya kau lihat.

Perlombaan bukan saja tentang persaingan namun juga mengajarkanmu tentang kebersahajaan dan ikatan pertemanan.

Dalam sebuah perlobaan, akan selalu ada yang namanya persaingan, dan dalam persaingan lah banyak hal dapat terjadi entah bisa jadi sebuah permusuhan atau malah mejadi sebuah semangat untuk memenangksn perlombaan, namun dibalik sebuah persaingan, alangkah baiknya disikapi dengan cara yang lebih nayaman, karena dalam perlombaah juga menjarakanmu untuk bersahaja pada semua orang dan dapat membuatmu menjalin sebuah ikatan pertemanan.

So, dalam setiap hal di moment kemerdekaan akan selalu ada makna dan pelajaran, tak terkecuali dengan perlombaan, karena kemerdekaan yang hakiki ada ketika kau merenungi apa yang telah terjadi dan menjadikannya sebagai sebuah sarana dalam memperbaiki diri.