Menyandang gelar Africa van Java, menjadikan Taman Nasional Baluran yang berada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur ini sebagai salah satu destinasi impian bagi para wisatawan. Selain menikmati pemandangan hutan belantara dan padang savanna yang menjadi primadona, ada beberapa spot menarik yang sayang jika terlewatkan ketika mengunjungi Baluran. Apa saja spot menarik tersebut? Yuk kita intip ulasan berikut :

1. Evergreen Area

Evergreen area meruakan salah satu kawasan hutan yang ada di Taman Nasional Baluran. Area ini selalu tampak hijau dan tidak pernah mengalami kekeringansekalipun memasuki musim kemarau berkepanjangan. Konon, masih tersimpan banyak cadangan air di bawah tanah sana sehingga membuat tumbuh-tumbuhan di kawasan ini selalu hijau sepanjang musim. Kamu akan akan merasakan sensasi melewati terowongan hijau yang rindang sepanjang 5 kilometer ketika melewati Evergreen Area ini. Jika sedang beruntung, kawanan kupu-kupu cantik beragam warna beterbangan menyambut kedatangan kamu ketika melintasi area ini. Lokasi ini bakal menjadi spot yang cukup ciamik untuk menambah koleksi foto traveling di laman Instagram kamu lho !

2. Savanna Bekol

Daya tarik utama Baluran memang tidak bisa dipisahkan dengan adanya Savanna Bekol. Padang rumput yang luas, tanaman Widoro Bukol yang meranggas dengan latar belakang Gunung Baluran menjadi ikon Taman Nasional ini. Ada pula sebuah papan yang berisi kerangka kepala banteng dan kerbau liar Baluran yang sering dijadikan lokasi berfoto bagi wisatawan. Berfoto di lokasi kerangka ini seolah menjadi bukti jika kamu sudah sah menginjakkan kaki di Taman Nasional Baluran.

Advertisement

Selain pemandangan padang savanna yang kering di musim kemarau, daerah Bekol juga menjadi spot yang menarik bagi kamu yang gemar hunting foto dengan tema kehidupan satwa liar. Di sini kamu dapat mengamati kegiatan kawanan satwa liar penghuni Baluran seperti rusa, kerbau, burung merak, ayam hutan dan sebagainya. Waktu terbaik untuk mengamati kawanan hewan liar di Savanna Bekol adalah pagi hari setelah matahari terbit atau sore hari jelang matahari tenggelam.

3. Menara Pandang Bekol

Ingin melihat Taman Nasional Baluran dari ketinggian? Bisa ! Tinggal menuju menara pandang yang terletak tidak jauh dari padang savana kamu dapat menikmati keindahan Taman Nasional Baluran dari ketinggian. Di menara pandang Bekol ini, kamu dapat melihat sepertiga dari keseluruhan luas Taman Nasional Baluran. Kamu dapat menikmati keindahan padang savanna dari ketinggian, rimbunnya pepohonan yang ada di kawasan hutan, serta gagahnya Gunung Baluran di sisi barat menara pandang. Suara-suara binatang penghuni Baluran seperti burung dan monyet ekor panjang terdengar jelas saling bersahutan di atas menara pandang ini.

4. Pantai Bama

Lelah berkelana menyusuri lebatnya hutan dan luasnya padang savanna? Heningnya Pantai Bama bisa menjadi penawar lelah yang sempurna. Ombak pantai yang tenang, air laut yang jernih kebiruan, pasir putih yang terhampar, serta rindangnya pepohonan menjadikan Pantai Bama sebagai tempat bersantai yang pas. Jika kamu menginap di area Pantai Bama ini, jangan lewatkan pemandangan matahari terbit yang ciamik.

Saat berada di Pantai Bama jangan terlena ya, karena kamu harus waspada dengan kawanan kera ekor panjang yang cukup agresif mengintai setiap pengunjung, terutama jika kamu membawa makanan dengan aroma yang mengundang. Penciuman mereka cukup tajam, sehingga jika kamu membawa makanan dan sebentar saja terlena, siap-siap saja makananmu akan berpindah tangan ke kawanan monyet ekor panjang ini !

5. Hutan Mangrove

Rapatnya hutan mangrove yang berada di dekat Pantai Bama bisa menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang ingin menikmati sisi lain pantai ini. Pohon mangrove yang tumbuh subur dengan akar pepohonan yang menjulur tak beraturan memberikan kesan seperti “monster” yang siap mengejarmu. Seram-seram asyik, namun rindangnya pepohonan di area ini akan membuatmu betah berlama-lama sambil mengambil gambar untuk diunggah di lama sosial media kamu !

6. Jembatan Kayu Hutan Mangrove

Ingin foto ala-ala Instagram yang kekinian? bisa ! Di jembatan kayu hutan mangrove ini bisa jadi pilihan lho. Jembatan kayu ini menghubungkan antara hutan mangrove dengan laut lepas. Di ujung jembatan terdapat sebuah gazebo dengan pemandangan birunya laut yang luas. Kamu bisa merasakan suasana laut yang tenang dengan udara segar di area ini. Oh iya, jembatan kayu ini juga terkenal sebagai salah satu lokasi favorit untuk pemotretan prewedding lho !

7. Pusat Konservasi Banteng Jawa

Sebelum meninggalkan Baluran, jangan lupa untuk “menjenguk” banteng jawa yang ada di penangkaran. Banteng jawa merupakan maskot Taman Nasional Baluran yang kini keberadaannya di alam liar berada di ambang kepunahan. Untuk kembali melestarikan populasi banteng jawa, maka pihak taman nasional berinisiatif untuk membuat sebuah penangkaran di dalam area Taman Nasional Baluran.

Lokasi penangkaran banteng ini berada di samping kantor petugas jaga, dekat savanna Bekol. Sebelum berkunjung ke sini ada baiknya meminta ijin terlebih dahulu kepada petugas. Jangan berisik ya ketika berada di dalam penangkaran, karena banteng jawa cukup rentan terhadap suara ! Di penangkaran banteng jawa ini kamu dapat bertanya kepada petugas tentang cara menangkarkan banteng, mempelajari ciri-ciri fisik banteng jantan dan banteng betina, serta perilaku mereka seperti apa. Sebuah wisata alam yang edukatif dan menarik bukan?