Bulan ramadhan sudah tiba, itu tandanya teman kita yang beragama islam sedang menunaikan ibadahnya. Buat kamu yang tidak berpuasa, pasti kalau mau makan rasanya malu atau nggak enak sama orang-orang disekitar. Tidak makan/minum didepan orang berpuasa juga termasuk toleransi beragama, karena kamu menghargai orang yang sedang beribadah. Apa aja sih suka dan duka buat kamu yang nggak ikutan puasa?

1. Sering makan sendirian & susah cari tempat makan di siang hari

​Biasanya kamu makan bareng sama teman-teman, pas bulan puasa gini malah keliatan jomblonya. Makan sendirian, minum sendirian, bengong juga sendirian. Nggak jarang juga kalian ikut puasa demi punya teman pas lagi makan, kalau sudah begini, ya hitung-hitung diet lah ya. Tapi percuma kalau ikutan puasa, eh pas ikutan buka semua makanan ludes.

Kamu bisa aja makan ditempat yang memang wajar jika banyak yang tidak berpuasa seperti di mall atau resto, tetapi kalau kamu maunya makan warteg dan nasi padang pasti susah deh carinya. Apalagi kalau siang bolong, dijamin semua warteg dan nasi padang ketutup tirai.

2. Banyak gorengan dan menu berbuka dipinggir jalan

Advertisement

Bulan puasa emang jadi berkah buat sebagian orang yang menjajakan hidangan berbuka, lain lagi buat kalian yang memang tidak berpuasa dan sok-sok buat menjalani diet. Alih-alih diet, ini bisa jadi faktor utama berat badan melonjak sekian kilo apalagi kalau sudah ada gorengan bakwan, tahu atau es buah warna warni. Duuuh, nggak tahan!

"Kamu katanya diet?"

"Eh nggak kok, itu es buah enak ya? Yuk beli."

3. Ikutan iuran di kantor buat berbuka, pas ikutan makan diliatin

Yah, Namanya juga nggak ikutan puasa, ketika kamu ditagihin sama yang minta iuran buat berbuka pasti kamu langsung ikutan nyumbang. Eeh pas udah ada makanannya dan kamu ikutan ambil, mereka langsung nyeletuk "emang kamu puasa? Kok ambil makanan"

Dan kamu cuma bisa cengar cengir kayak kuda.

4. Tengah malam lapar? bukan masalah.

Yap! Selama bulan puasa, ada beberapa warteg dan rumah makan padang yang buka di jam sahur. Kabar gembira untuk kalian yang suka makan berat pada dini hari, sekalian ikutan sahur sama yang lainnya juga biar kalau ikutan buka nggak ditanyain "puasa nggak?" Kan kamu bisa jawab "tadi ikutan sahur kok"

Aku udah sahur tadi, boleh dong ya ikutan ambil gorengan dan cemilan berbuka?

Jawaban rancu, tapi bisa jadi senjata buat nutup mulut temanmu yang jahil.

5. Lebih adem karena mereka yang berpuasa menjaga ucapannya.

Biasanya kamu dengar banyak sebutan kebun binatang keluar dari mulut? Tenang, mereka yang puasa nggak akan seceroboh itu untuk mengucapkannya. Mereka pasti sangat menjaga ucapannya demi ibadahnya yang sempurna, manfaatkan saja momen ini untuk mengistirahatkan telingamu dari banyaknya cacian.

"Kamu kok diem aja sih? Biasanya ngoceh terus."

"Aku lagi puasa, nahan biar mulut nggak kebanyakan nyinyir."

*elus-elus dada*

Buat kamu yang nggak puasa, kayaknya lebih banyak duka daripada sukanya ya?

Iya, soalnya kamu bakal kehilangan momen makan bareng teman selama satu bulan penuh. Tetapi kamu bisa naikin berat badan selama satu bulan penuh, dan melongo pas liat timbangan. Jadi, mana yang sudah kalian alami selama bulan puasa ini?