Hai perkenalkan, saya adalah kamu dari tahun 2035. Surat elektronik ini untuk diri saya sendiri di tahun 2016. Mungkin kamu bingung kenapa ini bisa terjadi ? tentu. Jika saya di posisimu sekarang, saya pun merasakan hal yang sama. Saya ingin menceritakan rahasia kecil kepadamu tentang masa depanmu. Tahukah kamu bahwa pada tahun 2035 ada alat canggih yang dinamakan mailtravel? jadi alat ini seperti mesin waktu di mana kami di tahun 2035 bisa mengirim e-mail kepada diri kita sendiri di masa lalu, terdengar aneh bukan? ya. Mungkin di tahunmu saat ini atau 2016 mesin ini belum diciptakan. Jadi saya bisa bercerita banyak tentang masa depan berkat alat ini kepadamu.

Sekarang umurku 45 tahun tapi terlihat seperti masih muda dan sehat, Alhamdulillah. Mungkin karena ketika masih muda saya tidak pernah merokok apalagi minum-minuman keras seperti kebanyakan anak muda lakukan pada saat itu. Jadi jika terbesit pikiranmu untuk melakukan itu, jangan pernah lakukan. Ingat, ibumu tidak membiayai mu untuk itu!
Oh iya, di masa depan kamu juga akan bertemu wanita cantik dan baik yang kamu idam-idamkan dari dulu. Saya hanya ingin berikan saran ke kamu, jika kamu saat ini mencintai seseorang dan orang yang kamu cintai tidak memberi sedikitpun harapan maka biarkan dia pergi. Cukup percaya “ada saat dimana kita harus merelakan seseorang yang benar-benar kamu cintai, untuk memberikan kesempatan kepada mereka yang mencintaimu, hehe. Mungkin ini terdengar aneh bukan? Karena saya pada masa muda tidak suka mendengar kata-kata bijak. Tapi di saat umur mu 45 tahun kamu akan selalu menasehati anak laki-laki dan perempuanmu dengan bijak, agar mereka punya hidup yang baik bahkan lebih baik dari kamu.

Saya juga tahu kamu sekarang sedang kesepian, tidak seperti orang-orang pada umumnya punya kekasih, kamu sendiri single, ini pesanku di masa depan buatmu "jika ada rasa ingin pacaran di pikiranmu, jangan pernah lakukan, prioritaskan masa depan mu dulu! Luluslah s1 dan lanjutkan ke s2, percayalah ada wanita cantik, sholeha dan patuh ke pada orang tua yang sedang menunggumu disana. Tapi itu bukan berarti kamu menutup diri kepada teman-teman perempuanmu. Terbukalah dan jalin pertemanan yang baik dengan teman-teman mu, karena di masa depan kamu akan punya banyak sekali teman yang akan mendatangi rumahmu. Bahkan mengajakmu bermain futsal setiap hari Minggu.

Saya di masa depan juga berpesan kepadamu belajarlah yang rajin dan bersungguh-sungguh. Lakukan setiap hal dengan serius! Berikan pelayanan yang maksimal atas apa yang kamu kerjaka,entah itu sesuatu yang kecil atau besar, karena itu akan berdampak besar bagi kehidupanmu kelak. lalu ingatlah sholat 5 waktu dan rajinlah mengaji, karena di masa depan kamu akan mempunyai 2 anak dan istri yang akan kamu bimbing sampai mati. Kadang saya bingung jika ditanya oleh anak-anak saya tentang agama. Jadi, perbanyaklah belajar agama dari sekarang, dan yang tidak kalah penting jagalah ibumu, adikmu dan semua keluargamu. Patuhlah kepada beliau! jika ibumu menyuruhmu menemani beliau berbelanja ke pasar, jangan pernah mengeluh, tunggulah beliau! Saya tahu kamu sering jengkel ke ibu saat menunggunya di pasar karena terlalu lam. Sampai kamu membuat twit-twit lucu di twiter "Nunggu ibu-ibu belanja, harus siap-siap tenda". Bersabarlah, karena wanita cantik itu melakukan semuanya hanya untukmu, untuk masa depanmu kelak.

Hanya ini pesanku buat mu di masa depan, jika ada sesuatu yang penting saya akan menghubungimu lagi.