Lombok, adalah kota seribu mesjid yang menyimpan pesona wisata yang tersembunyi di dalamnya, tidak lengkap rasanya kalau tidak menuju ke Tanjung Ringgit. Mungkin terdengar asing bagi para wisatawan yang berasal dari luar kota Lombok, begitupun dengan saya. Saya hanya tahu Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Pantai tangsi (Pantai Pasir Pink)

Tanjung Ringgit sendiri jaraknya lumayan cukup dekat dengan Pantai Pasir Pink.

Tanjung Ringgit ini terletak di ujung tenggara Pulau Lombok, masuk di Wilayah Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Sesampainya di Tanjung Ringgit, saya berfoto-foto disekitaran lokasi. Banyak pula sapi-sapi yang sedang mencari makan, dan view Tanjung Ringgit didepannya adalah Pulau Sumbawa, yang begitu cantik. Semilir angin yang terdengar halus dikuping, membuat saya takjub dengan keindahan Tanjung Ringgit, yang begitu heran menurut saya, pemandangan yang sangat indah ini, masih belum banyak wisatawan yang menyambanginya, mungkin saja akses jalan yang masih belum bagus dan jarak yang jauh dari pusat kota, hingga jarangnya wisatawan yang mempublikasikan tentang Tanjung Ringgit, yang membuat wisatawan lokal maupun asing masih jarang yang menginjakkan kakinya di Tanjung Ringgit.

TIPS :

Advertisement

Gunakan alat kendaraan pribadi yang kondisinya prima, karena tidak ada angkutan umum menuju ke Tanjung Ringgit. Dan catat, tukang tambal ban motor atau mobil pun jauh dari lokasi, jadi sebelum menuju ke Tanjung Ringgit disarankan harus cek kendaraan pribadi dengan keseluruhan jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

(Pengalaman saya, saat ke Tanjung Ringgit mengalami ban bocor sampai dua kali, karena sebelumnya tidak cek kondisi motor sebelumnya.)

Jangan malu bertanya kepada warga sekitar, supaya tidak tersesat.

Selalu membawa air mineral.