Peluang usaha yang menguntungkan dengan modal tidak sampai satu juta, misalnya usaha susu kedelai sangat pas dikerjakan oleh usaha rumahan yang baru memulai bisnis. Terlebih usaha ini termasuk minim resiko disebabkan bisa dilakukan dengan modal rendah. Walaupun peluang usaha susu kedelai kecil-kecilan ini terbilang sepele tapi bila serius menekuninya, maka usaha di rumah tanpa modal besar yang menjanjikan ini akan sangat membantu memperoleh penghasilan lebih.

Susu kedelai merupakan satu dari hasil olahan dari bahan baku biji kedelai. Susu kedelai banyak mengandung protein dengan susunan asam amino yang sama dengan kandungan protein yang terdapatpada susu sapi. Ini yang menjadikan susu kedelai sebagai pengganti dari susu sapi, lebih-lebih bagi konsumen yang sensitif terhadap protein susu sapi. Susu kedelai ini memang bagus untuk kesehatan serta menjadi susu yang begitu populer untuk golongan vegetarian.

Banyak kalangan yang menyukai minum minuman ini mulai dari anak kecil hingga dewasa. Minuman ini punya keuntungan untuk para orang yang mengkonsumsinya yaitu mengandung sumber protein yang baik untuk kesehatan badan serta bagi tulang. Selain itu minuman ini juga bisa menangani kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Susu kedelai adalah minuman yang punya nutrisi yang tinggi utamanya untuk kandungan protein. Selain mengandung protein yang tinggi susu kedelai ini juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Mengkonsumsi susu kedelai sama baiknya dengan mengkonsumsi susu sapi. Meskipun bila dibanding dengan susu sapi, harga dari susu kedelai ini lumayan terjangkau.

Susu kedelai ini dapat dibuat dengan langkah yang mudah menggunakan alat juga teknologi sederhana. Ketika membuatnya pun tidak membutuhkan ketrampilan khusus. Dikarenakan segudang manfaat pada susu kedelai ini, maka dapat dimanfaatkan sebagai lahan bisnis untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Prospek dalam usaha susu kedelai ini cukup menguntungkan apabila dikerjakan dan gampang untuk ditekuni. Bahan baku dalam membuat susu kedelai ini bisa ditemukan dengan mudah sehingga untuk memulai usaha susu kedelai ini cukup sederhana.

Persiapan dan Langkah Mengawali Usaha Susu Kedelai Umumnya garis besar tak ada persiapan yang khusus ketika membuat susu kedelai. Karena alat-alat yang digunakan biasanya ialah peralatan dapur yang pasti ibu rumah tangga sudah punya alat tersebut. Bahkan kebanyakan sudah sering memakainya dalam kegiatan memasak di rumah. Peralatan tersebut antara lain:

Advertisement

1. Blender

Alat ini harus dipunyai sebagai modal bisnis yang nantinya akan digunakan tiap akan membuat susu kedelai. Pastinya pilihlah blender dengan kualitas bagus agar pemakaiannya dapat tahan lama. Siapkan dana maksimal 500 ribu maka sudah dapat blender bermerek yang bagus dan awet.

2. Baskom dan Saringan

Hal ini juga cukup perlu untuk dimiliki. Penyaring digunakan untuk alat menyaring susu kedelai biar lembut dan nikmat untuk diminum. Kalau baskom digunakan untuk wadah menyimpan sementara hasil penyaringan susu kedelai. Dengan dana sekitar 100 ribu untuk bisa mendapatkan dua peralatan tersebut.

3. Corong

Dibutuhkan corong untuk menyajikan susu kedelai yang telah jadi untuk meminimalkan tumpahnya susu kedelai. Sendok sayur Sendok sayur dipakai untuk menyendok bermacam bahan yang digunakan dalam langkah pembuatan susu kedelai agar selalu higienis serta susu bisa tahan lama.

4. Perlengkapan Meja

5. Tempat es

6. Plastik kemasan

7. Sedotan

Bahan-bahan :

Kedelai 5 kg Untuk permulaan usaha cukup siapkan kedelai sebanyak 5 kilogram. Harga kedelai paling mahal berkisar 20 ribu/kilogram. Total 100 ribu terpakai untuk membeli bahan kedelai. Gula dan bahan-bahan lain. Siapkan dana sekitar 100 ribu guna membeli gula serta bahan lain-lainnya. Bila dijumlah kesemua peralatan, perlengkapan dan bahan diatas maka akan menghabiskan budget kurang dari 1 juta rupiah saja.

Cara Membuat Susu Kedelai:

– Merendam Cuci bersih biji kedelai dari kulitnya

– lalu setelah itu rendam dalam air bersih hingga 10-16 jam.

– Menggiling Sehabis direndam, lalu giling biji kedelai dengan blender dan saring hasil gilingan tersebut guna memperoleh air kedelainya yang mempunyai warna putih. Sampai disini langkahnya sudah 75% selesai.

– Kemudian rebuslah air penyaringan kedelai tersebut dengan ditambahkan gula dan daun pandan untuk penyedap. Aduk perlahan-lahan hingga mendidih kurang lebih 10-15 menit lalu dinginkan.

– Susu kedelainya telah siap untuk dikemas dengan memakai plastik yang sebelumnya sudah disiapkan.

Semoga berhasil yaaaa…