Jadi, hal pertama yang ingin aku bahas adalah aspek paling fundamental yang dianggap bagian tak terpisahkan dari wanita. Cantik. Beautiful atau pretty atau apapun mereka menyebutnya. Cantik yang kategorinya makin distandarisasi dari hari ke hari, dimana modis kian diusung, tak peduli tertutup atau tidak tertutup, muka cantik dijunjung, masuk ke lowongan pekerjaan modal cantik, dinikahi karena cantik, dan setiap penilaian wanita butuh kata C-A-N-T-I-K.

Tapi, sebenarnya apa sih yang dilihat dari pria, soal kecantikan wanita? Karena kebanyakan wanita melihat sisi sama dari sejenisnya untuk dianggap cantik, mulai dari cukur alis, sulam alis, operasi, tanam benang, de-el-el. Kompleksnya, mengikuti peraturan ke-kini-an menjadi tolak ukur mutlak saat ini bagi wanita untuk dianggap cantik. Suatu penilaian yang sebenarnya hanya bersifat tentatif, toh jika tua akan pudar jua, kan? Bukan maksud menjudge siapapun yang berusaha cantik, hanya kali ini lihatlah apa saja kata mereka yang ingin kalian buat memuji kalian.

Untuk memantabkan sesuatu yang aku rasa menyebabkan banyak wanita mulai kehilangan dirinya sendiri demi menjadi CANTIK, saya mulai mengadakan survey kecil-kecilan. Dari 10 wanita yang saya temui, mengatakan, “kalo ngga ikut tren, ga laku bro”, “lo mau jadi nerdy?” , “ yaah ngikut zaman ajalah” dan “buat nyenengin pacar”. Yapp, rata-rata jawabannya sama, terlalu sentimental. Kenapa pria yang jadi alasan mereka untuk cantik,sih?

Dan sebagai bahan perbandingan, aku juga menanyakan beberapa pria, (sumber: temen sendiri tanpa pertimbangan hubungan pertemenan, bro), sebenernya kalian suka yang bagaimana?

Pria 1: “ Yang bisa merawat diri ajasih, ngga perlu menorlah. Yang penting rapi, dan senyum. Itu yang bikin cantik”

Advertisement

Pria 2: “ yang cocok pakaian dandanan dan mukanya, kalo baju apa dandanan apa agak illfeel. Gimana gitu liatnya”

Pria 3 : “ Yang menutup dirinya dengan jilbab. At least, keliatan menjaga diri.”

Pria 4: “ yang seksi, up-to-date fashionnya, ya kekinianlah. Bening gitu.”

Pria 5: “ Simple, manis dan ngga neko-neko. Udah gitu udh princess buat gue”

Pria 6: “ Yang tutur katanya baik, kalo diajak diskusi enak, kritis cerdas, dan nggak menor. Benci gue yang bikin alis-alis, apaan”

Pria 7: “ Yang bisa menempatkan diri aja sih, waktunya simpel ya simpel, harus dandan ya dandan”

Dan ketika saya tanya apakah mereka suka cewek kurus, kompak mereka jawab ‘ENGGAK’. Semacam malu liat pasangannya kurus, (oww, padahal saya juga suka diet demi meniruskan pipi tembem, ahhaha)

Terus, ketika saya tanya penting ngga diet buat cewe dimata cowok?

Mereka juga jawab “kurang kerjaan”. Sontak aku cekikikan sendiri mendengar mereka menjawab seperti itu. Semacam ada sisi lucu dari mereka saat menjelaskan alasannya, padahal sering saya melihat pria noleh 360 derajat kalo ada yang bening yang liat, yang biasanya langsing, sexy, mulus.

Well, tapi pendapat dari mereka tadi adalah jujur sist J Kalau masalah mereka noleh itu normal, karena visual pria lebih strong dari cewek. Kenapa? Karena mereka makhluk one-focused-one. Beda dengan cewe yang multitasking.

Terus intinya apa?

Gini kalau kalian masih mikir kalian kurang cantik atau kurang apalah menurut kalian, silahkan dandan, silahkan mencobaa apapun untuk membuat kalian indah, tapi jangan lupa bawa inner-beauty kalian. Caranya:

1. Jadi diri sendiri

Jangan pernah mencoba menjadi orang lain. Sungguh jangan. Ini hanya akan memberatkan hidup. 🙂

2. Rawat yang memang harus dirawat

Sederhana boleh, tapi kantung mata komedo dan jerawat yaa jangan dipelihara. Banyak cara sederhana tapi jitu untuk mengatasi masalah-masalah di atas. Kalau ada rejeki berlebih ngga salah nyoba facial, sesuaikan juga bahannya dengan dasar wajahmu, apakah kusam atau kering. Pilih jenis make-up yang sesuai dengan musim dan kulit, jangan salah pilih ya 🙂

3. Jadilah pribadi yang menyayangi diri sendiri, bukan untuk dipuji

Poin paling penting. Banyak dari mereka yang sangat ingin diakui sampai lupa membawa diri. Upgrade kecantikan ngga mesti dari rupa, percaya deh. Manner dan wawasan yang kamu punyai akan menambah kecantikan kamu.

4. Up to date tidak selalu salah, sesuaikan kapasitasmu

Boleh saja beli sepatu jenis baru, ngetrip atau nyalon bareng temen demi menyenangkan dirimu, karena yaa saya tau, kecantikan wanita memang terpancar saat mereka bahagia. Just don't force yourself, sweetie.

5. Senyum

Nah ini. Hal paling penting yang harus ada. Bersedihlah secukupnya, tersenyumlah sebanyak-banyaknya, karena pria paling suka dengan wanita yang tersenyum. Tak mesti dengan pria yang kamu sukai, tapi dengan siapapun. Dan jangan pernah lupa bersyukur yaa!