Apakah kamu pikir,kamu telah merdeka? Merdeka yang seperti apa dan yang bagaimana,sehingga kamu berani mengatakan bahwa kamu telah merdeka? Apakah merdeka yang kamu maksud adalah kamu telah bebas dari penjajahan kolonial yang selama ini telah hidup seenaknya ditanah kelahiran kita ini? Jika,ukuran kemerdakaanmu yang seperti ini.Aku katakan bahwa kamu memang telah merdeka.

Namun ,aku berpikir bahwa kemerdekaan itu tidak hanya tentang Bangsa ini yang terlepas dari penjajahan kolonial di masanya. Sungguh, kemerdekaan itu lebih dari itu semua. Kemerdekaan yang sebenarnya yang harus ada saat ini, erat kaitannya dengan diri sendiri . Kamu harus percaya dan yakini ini.

Kemerdekaan itu adalah kamu dan kamu adalah kemerdekaan itu sendiri.

Okelah, kita memang sudah terlepas dari penjajahan. Tapi apakah kita sudah merdeka. Mungkin iya atau malah jadi kita termasuk sosok manusia yang tak merdeka. So, untuk membuktikan bahwa kamu merdeka atau tidak. Cobalah ambil sebuah buku dan sebuah pena atau gunakan smartphone dan lepi yang kamu punya untuk merangkum semua apa yang bisa kamu tuliskan tentang apa yang ada dipikiranmu. Cobalah tulis semua yang ada dipikiranmu. Mulai dari hal yang sederhana bahkan sampai hal yang tak bisa kamu pikirkan sekalipun.Sudahkah kamu menuliskannya? Jika kamu belum melakukanya, segeralah melakukannya dan tuliskan semua apa yang ada dalam pikiranmu. Apa yang kamu pikirkan,apa yang kamu ingat, apa yang akan kamu lakukan setelah membaca ini semua.

Langkah selanjutnya setelah kamu menuliskan semua apa yang ada dipikiranmu. Saatnya kamu mengungkapkan semua apa yang kamu rasakan. Apapun yang kamu rasakan, ungkapkanlah dalam tulisan, baik ungkapan yang dirasakan oleh hatimu dan dari semua bagian dari dirimu. Apakah kamu sudah mengungkapkannya? Jika memang sudah kamu lakukan. Cobalah kamu pilih hal yang paling dominan dari pikiran dan hatimu yang telah kamu tuliskan. Kemudian, kamu renungkan. Apakah yang selama ini mendominasi pikiran dan hatimu justru membuatmu terbelenggu, membuatmu terpasung dan membuatmu tak bisa menikmati kehidupanmu?

Advertisement

Coba,sekali lagi! Pahami apa yang mendominasi pikiran dan hatimu,renungi dan gunakan pikiran sadarmu,serta jujurlah pada diri sendiri.Jika memang apa yang ada dipikiran dan hatimu telah membelenggumu dan membuatmu tak bisa merasakan nikmatnya hidup ini.Maka tulislah dalam selembar kertas " Aku belum Merdeka ", kemudian silanglah dengan warna merah dan kemudian buang atau bakar kertas tersebut agar kamu bisa menjadi manusia yang merdeka.Setelah itu,katakan dalam hati sanubarimu, sugestilah pikiranmu "Aku telah membuang jauh semua yang mendominasi pikiran dan hatiku,dan kini aku telah merdeka ". Lalu, berdoalah walaupun itu hanya didalam hatimu, berdoalah " Tuhan ,merdekakanlah aku dari apapun selain Engkau Tuhan. Amin " .

Bagaimana? Sudah puaskah kamu ? Sudah merasa bebaskah kamu? Apakah Telah hilang semua yang selama ini mendominasi dalam pikiran dan hatimu? Apakah kini kamu sudah bisa lebih bisa bernafas lega dan bisa menikmati hidupmu?

Hanya kamu lah yang tahu jawabannya apakah kamu merdeka atau tidak!