Masih suka hatred atau jeles sama mantannya pacar kamu? Masih suka curiga atau stalking mantannya pacarmu? Tanpa kamu sadari sebenarnya kamu saat ini adalah orang yang menang, orang yang seharusnya bersyukur berada di posisi saat ini dimana pacar kamu sangat menyayangi kamu. Kamu tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa lalu, seberat apa perjuangan pacar kamu dulu agar bisa bertahan dan berjuang agar kehidupannya lebih baik di masa sekarang. Tentu tidak akan lengkap tanpa peran dan perjuangan pacarnya di masa lalu yang sekarang kamu sebut dengan mantan.

Surat ini akan mengubah pandanganmu tentang bagaimana seharusnya memperlakukan mantannya pacarmu.

Halo, apa kabar?

Salam kenal, aku Rafli. Aku yang kali ini menggantikan posisimu di hati Nina. Semoga kamu tidak keberatan membaca suratku ini sebentar saja.

Lewat surat ini aku ingin menyampaikan rasa terima kasih ku yang sangat dalam. Terima kasih kamu telah menjadi bagian dari hidup Nina, bagian dari perjuangannya, bagian dari pengambilan keputusannya dalam banyak hal, dan kamu telah menjaganya dengan baik.

Masa lalu yang kalian miliki biarlah kembali pada Sang Pemiliki Waktu dan biarlah hanya kalian saja yang mengetahui. Karena itu bukan ranah yang harus ku ketahui.

Aku hanya ingin menjalin silaturahim denganmu, lebih karena aku sadar betapa tiadalah aku di sisi Nina sekarang jika tiada kamu sebelum aku. Tiadalah aku membencimu apalagi menguntitmu, karena perjuangan dan waktu yang telah kamu persembahkan untuk Nina dulu perlu dihargai dan dihormati. Akupun menyayangimu seperti aku menyayangi saudara dan sahabatku yang lain.

Aku berjanji akan memegang amanah ini dengan sungguh-sungguh, menjaga Nina dengan baik, membahagiakan dia dan selalu ada untuknya.

Aku hanya bisa berdoa, di manapun kamu berada, semoga kamu tetap bahagia, sehat wal afiat, dan lancar segala urusan. Semoga suatu saat kita bisa bertemu dalam kondisi yang baik. Sekali lagi terima kasih..

Salam,

Rafli

Mantan adalah pahlawan perjuangan masa lalu pacar kamu. Jadi sekarang tahu kan bagaimana seharusnya bersikap dewasa kepada seluruh mantan di dunia ini?