Menunda-nunda pekerjaan adalah hal yang tidak baik, menunda sesuatu yang seharusnya sudah dilakukan akan menghambat target kita. Untuk itu menunda pekerjaan sebisa mungkin harus dihindari. Contoh dari menunda-nunda pekerjaan adalah tidak mengerjakan tugas atau makalah, menunda atau membatalkan mengerjakan sesuatu,menunda mengerjakan PR, dan menunda mempersiapkan diri untuk ujian sampai batas akhir waktu yang tersedia sehingga tidak pernah menyelesaikan tugas tepat pada waktunya.

Penyebab seseorang menunda- nunda pekerjaan diantaranya seperti karena merasa tidak yakin dengan kemampuan diri, merasa malas, kurangnya kedisiplinan dan bisa disebabkan karena kurangnya management waktu.

Sebaiknya hal-hal dibawah ini kamu perhatikan agar tidak lagi menunda pekerjaan:

1. Cari Tahu Penyebabnya

Cobalah cari tahu apakah alasan selama ini menunda-nunda pekerjaan atau tugas. Apakah disebabkan karena merasa tidak mampu mengerjakan tugas, kecemasan yang berlebihan akan tugas yang diberikan, merasa malas, atau karena kurangnya managemen waktu.

Advertisement

2. Percaya Diri

Yakinlah pada kemampuan yang kita miliki. Jauhkan pikiran negatif bahwa kamu tidak bisa melakukannya dengan baik. Cobalah mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya, kamu bisa memperbaikinya di lain kesempatan. Kualitas kamu dapat dilihat dari cara kamu mengerjakan tugas, untuk itu lakukan yang terbaik dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan tersebut.

3. Manajemen waktu dengan baik

Manajemen waktu bisa dilakukan dengan banyak hal misalnya dengan membuat catatan pekerjaan yang ditargetkan. Dengan catatan tersebut kita dapat termotivasi untuk segera menyelesaikan tugas kita. Membuat rencana yang akan dikerjakan secara tertulis juga akan membantu kita dalam memprioritaskan tugas atau kpekerjaan mana saja yang harus kita kerjakan terlebih dahulu.

4. Membangun Kedisiplinan Diri

Perilaku yang tidak semestinya kita lakukan dan menghamabat pekerjaan sebaiknya dihindari. Orang yang memiliki kebiasaan menunda melakukan pekerjaanya seringkali terbawa oleh sikap tidak disiplin. Cobalah membangun kebiasaan disiplin untuk mengatur aktivitas pribadi sesuai jadwal tertentu secara teratur.

5. Menganggap semua pekerjaan itu penting

Rasa malas timbul karena kita meremehkan tugas ataupekerjaan tersebut. Kita menganggap bahwa akan selesai dalam waktu yang sebentar. Dengan berfikir bahwa pekerjaan itu penting maka kita tidak akan seenaknya menghambat tugas itu selesai. Sesuatu yang penting pasti akan dikerjakan dengan sungguh-sungguh itu membuat kita tidak menunda pekerjaan. Pikirkan juga masalah tak terduga yang dapat menghambat penyelesaian pekerjaan kamu misalnya kurangnya sumber informasi atau sumber materi dari buku sehingga harus mencari terlebih dahulu.

6. Temukan tempat yang nyaman untuk bekerja.

Seringkali tempat atau lingkungan yang ada disekitar kita tidak memberikan atmosfer yang nyaman sehingga kita cenderung bermalas-malasam dan memicu untuk menunda pekerjaan maka temukanlah tempat yang sekiranya membuat kita nyaman bekerja, seperti merapikan tempat belajar agar lebih nyaman dalam mengerjakan tugas, belajar di tempat yang tenang agar tidak terganggu dalam mengerjakan tugas.