Tujuan dari pembuatan contoh surat lamaran kerja ini tak lain lagi adalah untuk dijadikan sebagai referensi bagi kamu yang sedang mencari panduan untuk membuat surat lamaran kerja. Ada banyak sekali referensi yang bisa saja kamu baca di internet ini, salah satunya adalah contoh / cara membuat surat lamaran kerja. Baik untuk melamar jadi PNS maupun ke perusahaan-perusahaan lainnya.

Contoh surat lamaran kerja yang ditulis pada artikel ini sudah dibuat dengan format dan struktur penulisan surat lamaran kerja yang sopan guna untuk menarik simpati perusahaan yang kamu inginkan.

Namun, sebelum kita lanjut ke contoh surat lamaran kerja, ada baiknya kita bahas dulu mengenai tips dan trik serta kiteria apa saja yang dibutuhkan agar surat lamaran kerja yang kamu buat terkesan baik dan sopan. Karena bagaimanapun juga, surat lamaran kerja yang kamu kirimkan adalah proses awal yang sangat menentukan nasib kamu selanjutnya. Apakah kamu layak untuk diterima atau tidak?

Sehingga, sebelum kamu memutuskan untuk membuat surat lamaran kerja, ada baiknya kamu pelajari terlebih dulu cara membuat lamaran kerja yang akan kita bahas di bawah ini.

Cara membuat surat lamaran kerja.

Sebelumnya kamu harus mengerti struktur surat lamaran kerja yang baik dan sopan itu seperti apa? Jika belum tahu bisa kamu simak struktur penulisan ini.

Advertisement

Tempat dan tanggal penulisan surat

Perusahaan yang dituju

Salam hormat

Biodata pribadi

Pengalaman kerja dan skill (Kalau ada)

Harapan

Penutup

Selain itu, kamu juga harus perhatikan beberapa hal di bawah ini (Tips membuat surat lamaran kerja)

Menggunakan bahasa yang baik dan benar serta santun

Format penulisan tersusun rapi dengan bahasa yang simpel atau tidak bertele-tele

Surat lamaran kerja seharusnya ditulis secara manual (Tangan) dan kamu sendiri yang menulisnya

Lengkapi data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan yang kamu tuju

Lampirkan surat pendukung lainnya, seperti sertifikat keahlian ataupun pengalaman kerja

Contoh surat lamaran kerja

Surabaya, 07 Desember 2015

Yth:
HRD PT. Indonesia Raya
Jl. Soekarno-Hatta No. 18, Surabaya

Perihal: Surat lamaran kerja

Dengan hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak (Sebutkan media) perihal lowongan pekerjaan di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini (Sebutkan salah satu posisi jika yang dibutuhkan banyak posisi). Saya yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama : Bambang Prayitno
Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 11 Agustus 1989
Pendidikan : SMK Farmasi Bina Sejahtera
Alamat : Jl. Basuki Rachmat No. 09, Kerek, Tuban
Telepon : 085765432100

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu diwaktu yang akan datang. Bersama ini saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

1. Pas photo

2. Foto copy KTP

3. Daftar riwayat hidup

4. Foto copy ijazah terakhir

5. Foto copy sertifikat kompetensi

6. Foto copy sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan bapak/ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

Bambang Prayitno

Contoh surat lamaran pekerjaan

Surabaya, 07 Desember 2015

Yth:
HRD PT. Indonesia Raya

Dengan hormat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Saya : Ahmad Bashori
Tempat, Tgl. Lahir : Jakarta, 23 Januari 1984
Alamat : Jl. Tantular No. 87, Renon, Denpasar
Telepon : 081234567890
Pendidikan : S2 Teknik Industri

Dengan surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk menjadi bagian dari perusahaan yang bapak/ibu pimpin sebagai Project Manager.

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai project manager di beberapa perusahaan terkemuka di Jakarta. Dengan surat lamaran ini saya siap untuk memberikan dedikasi dan kompetensi baik waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya untuk mendapatkan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan surat:

1. Daftar riwayat hidup

2. Foto copy ijazah

3. Foto copy sertifikat

4. Foto copy KTP

5. Foto copy transkrip nilai

6. Pas photo terbaru

7. Surat pengalaman kerja

Demikian surat lamaran ini, atas perhatian dan kesempatannya sata ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

Ahmad Bashori

Catatan penting:

Dalam beberapa kesempatan saya sering melihat iklan lowongan kerja dalam bebagai bentuk yang hanya tertera dan ditujukan kepada para calon karyawan untuk mengirimkan CV lamaran kerja. Perlu kamu ketahui, sebenarnya CV (Curriculum Vitae / daftar riwayat hidup) merupakan lampiran kelengkapan yang disertakan dalam surat lamaran kerja beserta kelengkapan lainnya yang sudah kita bahas di atas.

Dari sekian banyak panduan, tips dan tril dalam menulis surat lamaran kerja, secara garis besar terdapat beberapa hal yang haru kamu perhatikan ketika membuat surat lamaran kerja, baik untuk PNS maupun instansi lainnya.

Pembuatan surat lamaran kerja sangatlah bergantung dari tempat kamu melamar kerja, apakah itu swasta, pemerintahan atau BUMN. Dalam menulisnya sendiri kita bisa menggunakan tulisan tangan maupun komputer, namun berdasarkan informasi dari dinas ketenagakerjaan dijelaskan bahwa jika ingin melamar kerja bisa ditulis tangan maupun diketik. Tapi, untuk melamar jadi PNS haarus ditulis tangan.

Demikian beberapa contoh dan tips mengenai cara membuat surat lamaran kerja. Semoga usahamu membuahkan hasil dan diterima di perusahaan yang kamu harapkan.