Wanita Indonesia banyak yang mendambakan memiliki wajah yang putih berseri karena terlihat lebih bersih dan cantik, sedangkat kulit orang indonesia cenderung berwarana sawo matang. Hal ini karena faktor pigmen melanin yang ada di permukaan kulit. Fungsi dari melanin tersebut adalah untuk menahan sinar matahari.

Pigmen Melanin akan keluar di permukaan jika kulit terpapar dengan radiasi sinar UV. Jadi tips dasar untuk memutihkan wajah sebisa mungkin hindari terlalu banyak terkena paparan sinar matahari, atau anda dapat menggunakan sunscreen 30 menit sebelum beraktifitas. Fungsi cream pemutih wajah adalah menghapus penumpukan melanin tersebut sehingga wajah anda menjadi cerah.

Dalam memilih cream pemutih wajah tentunya harus selektif, jangan tergiur hasil yang cepat karena biasanya mengandung bahan berbahaya seperti mercury.

Mercuri sangat dilarang karena membahayakan anda, bahan ini dapat menipiskan kulit, tak jarang setelah pemakaian mengalami merah dan terlihat urat atau pembuluh darah di wajah. Pililhlah krim pemutih wajah yang aman yang mengandung Arbutin, Kojic acid, AHA atau Gluthation. Ini merupakan bahan pemutih yang masih aman digunakan. Jangan lupa pilih yang sudah terdaftar di BPOM. akan lebih bagus konsultasikan dulu dengan dokter kepercayaan anda agar mendapatkan cream pemutih yang sesuai jenis kulit anda.

Selain dengan cream pemutih wajah, anda dapat melakukan peeling dengan chemical peel, microdermabration atau home peel setiap 3-4 minggu sekali. Ini efektif untuk menipiskan pigmen kulit tanpa efek samping, namun sebaiknya konsultasi dengan dokter. Konsumsilah vitamin dan anti oksidan yang membantu memutihkan kulit.