Merantau bagi kebanyakan anak perempuan menjadi suatu momok yang menakutkan. Banyak pertimbangan entah dari pihak orangtua bahkan anak itu sendiri. Dari pihak orangtua pasti akan berpikir “Siapa yang akan menjaga anakku nantinya, apalagi dia perempuan?”, dan dari pihak anak perempuan itu sendiri pasti berpikir “Bagaimana aku mengatur hidupku sendiri?”.

Awal yang sulit akan dihadapi, butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan keadaan. Sesuai dengan pengalaman hidupku yang sudah terbiasa jauh dari orangtuaku sejak menduduki bangku SMP. Bisa dibayangkan, anak yang masih dalam usia peralihan sudah harus hidup jauh dari orangtuanya. Membutuhkan keberanian lebih untuk menghadapi dunia yang saat itu kurasa berat.

Ada saat-saat dimana uang jajan habis dan untuk meminta lagi rasanya segan karena mengingat perekonomian keluarga yang tidak terlalu mapan. Kemudian hanya bisa diam dan berpikir kapan waktu yang tepat untuk bisa minta uang lagi. Ada juga saatnya kamu akan iri melihat banyaknya anak seusiamu yang masih diantar jemput oleh papa atau mamanya. Masih banyak lagi hal yang membuatmu merasa ingin menyerah di tengah perantauanmu. Belum ditambah lagi dengan banyaknya cobaan di sana sini. Banyak perempuan yang terjerumus pergaulan bebas karena tidak mampu mengendalikan dirinya.

Hingga saat ini hampir 9 tahun masa perantauanku, sudah banyak contoh perempuan yang menyerah bahkan gagal dalam masa perantauannya. Ada rasa takut bahwa aku pun akan jadi salah satu yang tergelincir. Namun ada beberapa hal yang telah menguatkan aku sejauh ini.

Nah ini ada beberapa tips bagi kalian perempuan tangguh yang ingin atau tengah merantau, agar perjalananmu boleh berkelok dan menanjak tapi kamu tidak akan terpeleset dan jatuh :

Advertisement

1. Perbanyak Doa

Mohon petunjuk dan penguatan dari Tuhan. Setidaknya melalui doa mentalmu sudah terbentuk dan rasa pesimismu akan berubah menjadi optimisme;

2. Jadikan Keluarga Sebagai Motivasimu

Dengan mengingat saat-saat keberangkatanmu kamu akan kembali sadar bahwa orang yang mengantar keberangkatanmu dulu tengah menunggu kamu di rumah dengan membawa keberhasilan bukan kegagalan.

3. Ingat, Setiap Masalah Selalu Ada Jalan Keluar

Karena setiap gembok dibuat tidak tak berkunci. Kalau suatu saat kuncinya tercecer, cari! Jangan pernah gunakan linggis, karena hanya pencuri yang melakukannya. Demikian halnya dengan masalah, akan selalu ada solusi yang disediakan Tuhan. Jika ada jalan pintas yang lebih cepat, silahkan pilih jalan yang baik.

4. Pegang komitmen

Bahwa masa mudamu terlalu berarti untuk dihancurkan oleh segelintir godaan. Yakinlah bahwa kamu lebih kuat dari setiap cobaan yang menghadang perjalananmu.

5. Usaha = Hasil

Dan yakini selalu, bahwa sebuah masa depan yang di raih dengan keringat dan airmata karena usaha yang sangat keras akan berbuah hasil yang lebih manis dari buah terbaik di dunia.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat dan mampu menjadi perempuan perantau yang tangguh