Tuhan selalu punya rencana.

Terkadang kita selalu berpikir, "Mengapa hal ini bisa terjadi padaku?". Sebagai manusia biasa, pasti pernah kita merasa sedih, kecewa, dan putus asa. Masalah atau peristiwa dalam hidup ini pasti setiap orang memiliki cara pandang tersendiri. Ada yang merasa masalah yang dialaminya saat ini amatlah berat, ada pula yang merasa bahwa masalah yang dialaminya ini tak seberapa dibandingkan dengan orang-orang di luaran sana. Cara kita menyikapi juga pasti berbeda-beda. Ada orang yang menyerah pada satu keadaan tersebut, ada pula yang kemudian justru selalu mendekatkan diri sebaik-baiknya di hadapan Tuhan. Apapun itu, sebagai manusia, sudah sepantasnya kita memohon lewat doa pada-Nya. Percayalah, Tuhan pasti mempunyai rencana tersendiri yang tiada kita duga-duga di dalamnya.

Doa adalah sumber kekuatan kita.

Dengan doa, segala yang tak mungkin bisa saja menjadi mungkin. Ada sumber kekutan tersendiri ketika kita berdoa. Dengan doa pula kita keluarkan segala macam keluh kesah di hati kita pada-Nya. Hanya Dia yang kan bisa memberi solusi terbaik yang orang lain belum tentu bisa. Setelah berdoa pada-Nya pasti hati akan lebih tenang dan damai. Maka seiring dengan berjalannnya waktu, langkah kita dalam melangkah akan terasa lebih ringan.

Tuhan mempunyai rencana di balik setiap peristiwa.

Advertisement

Disadari atau tidak, setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup kita, pasti ada hikmah yang dapat kita ambil di dalamnya. Tuhan menciptakan peristiwa lengkap dengan solusinya. So, tak usah sedih terlalu lama. Segera bangkit dan menuju pada-Nya. Jika kau percaya, suatu saat kau justru akan bersyukur atas peristiwa yang pernah kau alami sebelumnya. Kau akan merasakan, perubahan yang jauh lebih baik setelah peristiwa yang kau alami ini berhasil kau lewati dan menjadikanmu sebagai pribadi yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Siapa yang bisa menduga, jika ternyata peristiwa yang Tuhan hadirkan untukmu saat ini adalah cara Tuhan menghadirkan peristiwa lain yang jauh lebih indah. Syukurilah, dibalik setiap tetesan air mata yang jatuh diiringi doa, Tuhan akan beri jalan kemudahan di dalamnya.