Karna sahabat yang sesungguhnya tidak peduli kita memakai high heels atau sendal jepit, baju dan celana bermerk atau emperayeon, tas 5000k atau 50k, make up tebal atau natural, hp monophonic atau smartphone, rumah gubuk atau istana.

Sahabat adalah yang selalu ada meskipun terpisah jarak, yang selalu mendukung bukan hanya datang saat ada butuhnya saja kemudian pergi, yang menjadi kompor ketika kita sedang ada masalah tapi sekaligus menjadi air untuk memberikan solusi, yang tetap bertegur sapa meskipun jarang bertemu, yang saling mem-bully tapi juga saling memotivasi, yang tetap memeluk meskipun dunia sedang memusuhi.

Persahabatan bukan berarti tanpa adanya masalah. Bukan berarti tanpa adanya perbedaan pendapat. Bukan berarti tanpa adanya selisih paham. Namun jika persahabatan didasari oleh hati yang tidak jahat, semua yang terjadi tak akan menjadi masalah yang besar. Perbedaan pendapat dan selisih paham pun tak ada artinya, semua bisa diselesaikan secara baik-baik.

Tak ada persahabatan yang berjalan dengan mulus. Semua yang dilewati ada pahit dan manisnya. Semua yang dilewati ada baik dan buruknya. Tapi semakin dewasa kita pasti semakin menuju pada kebaikan. Dan tak mudah menjaga komunikasi untuk tetap saling bertukar obrolan, karna kesibukan kita yang berbeda-beda. Bahkan ada saja orang yang iri melihat persahabatan kita yang selalu terlihat baik. Ada saja orang yang datang untuk menjauhi salah satu diantara kita. Namun hal itu bisa terlewati, bahkan membuat persahabatan kita semakin terjaga.

Tetaplah seperti itu sahabat-sahabatku. Tetaplah menjadi sahabat yang alay ketika foto bersama, rusuh ketika sedang bertemu, gokil ketika sedang bercanda, sadis ketika sedang membully, sok tau ketika sedang bergosip.

Advertisement

Dan untuk persahabatan di luar sana, tetaplah menjalin persahabatan yang baik. Karna tak mudah menemukan orang yang bisa menerima baik buruknya kita, yang ada hanya segelintir orang berkedok sebagai "sahabat" namun hanya ingin tau urusan kita bukan ingin memahami kita. Terimakasih untuk kalian para sahabatku 🙂