Entah karena jauh dari orang keluarga atau mengikuti arus globalisasi yang begitu ngetren dengan sebutan anak rantau.

Kebanggaan apa yang telah kalian siapkan untuk keluarga yang begitu jauh dari kalian? Perubahan-perubahan apa yang telah kalian alami selama menjadi anak rantauan? Atau berapa besar biaya yang telah kalian habiskan untuk menyambung hidup kalian selama kurang lebih satu tahun ini? Bagaimana studi kalian? Interaksi kalian?

Tentunya sangat berbeda dengan kami yang di sini yang mungkin dengan anggapan orang tak seberkembang kalian, karena kami di sini hanya mengetahui apa yang ada di sekitar kampung halaman kami yang sama dengan kampung halamanmu dulu dan kurang berkembangnya pikiran kami karena kurang kritis dalam mengetahui masalah-masalah yang ada di sekitar maupun di luar daerah kami.

Begitulah kenyataannya, kami yang selalu menemukan postingan-postingan kalian di berbagai media sosial tentang kesengsaraan-kesengsaraan yang kalian banggakan di kota orang hingga kebanggaan-kebanggan yang kalian lakukan diberbagai kegiatan di kota orang itu. Tanpa kalian pedulikan perasaan pembaca yang itu ialah teman seperjuangan kalian dulu yang mana juga bersama kalian menata mimpi-mimpinya untuk belajar di kota orang dan belajar jauh dengan keluarga demi untuk menata masa depan yang lebih baik.

Bukan karena apa-apa, bukan rasa cemburu atas nasib yang telah digariskan.

Advertisement

Kami di sini juga berusaha untuk terus mensyukuri apa yang ditakdirkan dan terus berusaha menjadi yang lebih baik dari segi rasio, kognitif, maupun pengetahuan guna untuk bersaing di tengah-tengah arusnya globalisasi yang menyebabkan tidak hanya mengandalkan fisik tetapi juga nonfisik. Bagaimanapun kalian sekarang kami berharap kalian tidak melupakan kenangan kita ketika bersama-sama menata masa depan dan bersyukurlah kalian telah mencapai apa yang kalian harapkan.

Semoga dengan sebutan anak rantau kalian bisa mengubah cara berpikir kami dan masyarakat untuk menjadi yang lebih baik karena kami percaya pengalaman kalian lebih berharga dan lebih banyak serta lebih bermakna daripada pengalaman kami di sini.

Dari teman seperjuanganmu di kampung halaman.