Kamu lagi bosan ya ? Ciyan amat sih …
Kalo iya, gak usah panik. Bosan itu perasaan yang wajar kok. Semua orang pasti pernah merasa bosan. Karena terjebak rutinitas. Wajar jadi berasa jenuh, bosan gitu deh.

Bosan kerja, bosan belajar. Bosan pacaran, bosan main melulu. Bisa juga bosan ngurusin rumah, bosan ngurusin anak, bosan nongkrong, bosan ngurusin organisasi. Karena terlalu rutin, jadi bosan kan. Nah di Indonesia, ada yang gak bikin bosan, yaitu ngomongin orang dan ngomongin kejelekan negara sendiri. Coba aja dehh …. Hehehe

Kamu lagi bosan ya ?
Perasaan bosan itu bisa banyak, bisa juga dikit. Datangnya juga gak bisa ditebak. Bosan, jadi gak mau ngapa-ngapain, males. Pikiran jadi linglung. Bosan juga bikin hati jadi gamang. Nah kalo kamu punya perasaan itu, bisa jadi kamu lagi bosan tuh.

Bosan, dalam hal apa saja, memang wajar dan biasa terjadi. Tapi bosan gak bisa dianggap remeh. Bosan tidak dapat disepelekan. Karena bosan yang terus menerus bikin rasa malas yang akut. Bosan yang berkelanjutan juga bikin self confidence yang rendah. Dan yang agak fatal, bosan yang gak bisa kamu kendalikan bisa bikin hubungan dengan orang lain berakhir. Karena bosan, kehidupan pribadi bisa terpuruk, terasing sendiri. Kondisi ini yang mengerikan. Kalo kamu bosan, kendalikan dan cari solusi segera. Rasa bosan bukan soal dihadapi atau tidak, tapi lakukan sesuatu.

Kamu lagi bosan ya?
Kalo iya, lakukan sesuatu sekarang. Karena orang yang mudah bosan, dalam segala pada lho, biasanya gak akan sukses saat mengerjakan apa saja. Terlalu mudah bosan itu menyesatkan lalu menyesakkan ….

Advertisement

Kamu lagi bosan ya. Kenali dong apa sih yang bikin kamu jadi bosan. Terus terang aja ya. Bosan itu muncul karena kamu melakukan rutinitas yang sama. Dari hari ke hari, dari minggu ke minggu bahkan dari tahun ke tahun. Itu-itu aja yang dilakukan, rutin maka jadi bosan. Jadi, BOSAN itu cuma soal “gaya” dan “kebiasaan” yang sama. Kita lakukan tiap hari dengan gaya dan kebiasaan yang sama. Wajar jadi bosan ….

Terus gimana dong biar gak bosan?
Gak tahu juga sih gimana caranya. Cuma rasa BOSAN itu juga mudah hilang kalo kita mampu jadi pribadi yang KREATIF dan MENGEJUTKAN. Itu resep yang palig sederhana untuk mengusir rasa bosan. Coba aja deh….. pasti mujarab, Kreatif dan Mengejutkan. Kamu gak bakal monoton, gak gitu-gitu aja.

Tiap hari jalanan macet, bikin bosan.
Gampang banget solusinya, coba bikin kreatif dan mengejutkan. Kayak gimana kreatif dan mmengjeutkan itu? Ya pikir aja sendiri. Kreatif tu intinya BEDA dari biasanya, MENGEJUTKAN itu bikin kita terperanjat atau mengagetkan.
Gimana coba biar gak bosan di jalan yang macet ? Lha, masih nanya lagi aja. Coba aja ke kantor, naik sepeda, naik kendaraan yang gak biasa kita gunakan. Cari yang kreatif dan mengejutkan. Pasti gak bakal bosan deh …

Terus kalo masih bosan juga gimana lagi?
Busyett, parah banget rasa bosannya. Itu mah bosan yang akut. Resep terakhir buat mengusir rasa bosan yang paling andal cuma satu, yaitu BERPIKIR POSITIF. Benahi pikiran kita, itu resep yang paling mujarab untuk mengatasi rasa bosan. Gak ada lagi. Karena BOSAN itu berasal dari pikiran orang yang berpikir tentang kebosanan. Tapi kalo orang itu mau mengubahnya menjadi pikiran yang ceria, seperti waktu anak-anak kecil. Kamu gak bakal bosan kalo pikiran ceria mampu mengalahkkan pikiran bosan. Itu saja. Kamu pikir bosan maka membosankan hidup kamu. Kamu pikir senang maka menyenangkan hidup kamu. Sederhana kan …..

Harusnya sih, sekarang kamu gak bosan lagi. Betul gak?
Kalo masih bosan juga sih keterlaluan. Pikirannya ktor, gak bersih. Mungkin harus di-cuci otak deh. Bosan itu gak boleh berkepanjangan. Jangan suka bosan terus-terusan, gak ada manfaatnya sama sekali. Bosan itu bikin hidup orangnya jadi berasa HAMPA. Sudahlah, berhenti “berteman” dengan kebosanan.

Atau kamu juga bisa lakukan 5 hal ini agar gak mudah bosan, 5 hal yang bisa dikerjain buat mengusir rasa bosan:

1. Bikin Sesuatu yang Baru, coba tambahkan hal baru dalam keseharian kita. Ngapain aja, yang penting baru dan sebelumnya gak pernah dilakukan. Coba saja, misalnya menulis tiap malam, berkebun atau jalan bareng teman.

2. Bikin Suasana yang Baru, suasana yang bisa menyegarkan pikiran, memberikan ketenangan dan kenyamanan. Suasana yang gak sehari-hari kamu hadapi. Suasana baru itu bisa dicari atau diciptakan, asal kamu mau.

3. Kembangkan Hobby, apa yang kita sukai coba dikembangkan. Hobby itu alat kita biar bisa enjoy dan happy. Olah raga, musik, jalan-jaan atau mengaji. Kita pasti punya hobby, tapi mungkkin selama ini kkita gak kembangkan. Mulailah memperlakukan hobby kta dengan ciamik.

4. Senangi Kegiatan yang Dilakukan, jangan ada kata terpaksa saat melakukan sesuatu. Senangi tiap kegiatan yang sudah kita pilih, siapa lagi yang menyenangi kegiatan kita kalo bukan kita sendiri.

5. Syukuri yang Dimiliki, langkah terakhir adalah mensyukuri yang kita miliki, yang kita punya sekarang, termasuk perasaan kita. Di luar sana, masih banyak orang yang kurang beruntung. Kita punya orang lain belum tentu punya. Syukurilah yang ada dan gak usah “kepengen” yang kita tidak miliki.

Sahabat, rasa bosan itu manusiawi sekali. Tiap orang pasti akan merasa bosan. Tapi bosan gak boleh berkepanjangan. Masih banyak “agenda besar” yang harus kiita jalani, harus kita gerakkan. Agar “roda tetap berputar” seperti hukumnya, agar “kehidupan kita berjalan” seperti yang seharusnya.

Untuk kamu yang lagi bosan, berhentilah. Karena semua terpulang pada pikiran kamu sendiri. Kamu pikir kamu bosan, maka membosankan. Kamu pikir kamu senang, maka menyenangkan. Seperti kata orang bijak, “Your future is determined by what you start today – Masa depan kita ditentukan oleh hal yang kita mulai hari ini.”

Sahabat, berusahalah untuk menjadi pribadi yang kreatif dan mengejutkan. Agar rasa bosan pergi dan menjauh …. #BelajarDariOrangGoblok