Hai ladies, pernah merasakan ditengah-tengah kumpul keluarga ada yang bertanya, "Pasangannya mana?" atau "Masih betah sendiri?" atau yang lebih extreme "Kapan nikah?"

Jangan khawatir dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Anggap saja angin lalu yang masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Kenapa? Karena terlalu peduli soal itu juga nggak baik untuk pikiran dan hati kamu.

Untuk para wanita yang sudah dianggap berusia matang a.k.a usia siap menikah, namun masih betah melajang, Don't worry! Kamu melajang bukan karena kamu tidak bisa, melainkan kamu belum bisa. Belum bisa membuka hati untuk seseorang diluar sana. Belum siap untuk menjalin hubungan yang nantinya akan maju ke tingkat yang lebih serius lagi. Apalagi di usia yang kata orang "siap menikah", akan lebih baik kamu tidak bermain-main lagi dalam urusan hati.

Melajang karena pilihan sendiri dengan tujuan ingin meningkatkan kualitas diri bukanlah sesuatu yang memalukan. Mungkin di dasar hatimu yang terdalam, kamu menginginkan sebuah hubungan serius dengan seorang laki-laki yang juga memiliki tujuan yang sama. Namun di sisi hatimu yang lain juga merasakan bahwa yang ada pada dirimu masih sangatlah jauh dari kata sempurna dan kamu ingin memolesnya sedemikian rupa agar lebih pantas untuk pria yang nantinya akan mendapatkan hatimu. Sempurna memang milik Tuhan, namun tidak ada salahnya bukan jika kamu ingin mencoba untuk mencapai kata sempurna? Memang semua membutuhkan proses yang lama. Dan proses itu dinamakan usaha.

Kata orang, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Jadi berusaha semaksimal mungkin, agar kamu mendapatkan hasil yang memuaskan.

Advertisement

Disaat yang lain sedang berlomba-lomba untuk mendapatkan lelaki yang sempurna, kamu sedang berusaha menjadi yang sempurna untuk lelakimu. Disaat teman-temanmu sudah melepaskan status lajang, nggak perlu iri. Mungkin itu memang sudah waktunya mereka bertemu dengan pendamping hidupnya. Dan nanti akan tiba saatnya giliran kamu.

Ibarat pribahasa, "Sambil menyelam minum air," sama dengan yang sedang kamu lakukan sekarang. Selain berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, kamu juga sedang menunggu lelaki yang tepat untuk dijadikan sebagai teman hidup. Percaya deh, lelaki yang nantinya mendapatkan hati kamu pasti akan merasa sangat beruntung. Kenapa? Karena mereka mendapatkan wanita yang rela berusaha menjadi yang terbaik demi teman hidupnya.

Jadi, ladies, kalau ada salah satu anggota keluarga ataupun teman kalian yang memberikan pertanyaan seputar jodoh, jawablah dengan penuh percaya diri.

"Aku sedang meningkatkan kualitas diriku demi teman hidupku kelak. Agar mereka tidak menyesal telah memilih aku sebagai Ibu dari anak-anakku."