Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26)

Wanita baik untuk lelaki yang baik dan sebaliknya, itu adalah penjelasan dari ayat diatas.arti kata baik dan tidak baik disini apakah dilihat menurut komunitas manusia secara umum atau menurut golongan tertentu atau menurut agama. baik dan tidak baik menurut golongan tertentu belum tentu baik dan tidak baik menurut agama sedangkan baik menurut agama itu sudah tentu baik untuk manusia dan tidak baik menurut agama juga sudah tentu tidak baik untuk manusia.

Apakah semata-mata ayat ini hanya menjelaskan wanita baik dan tidak baik hanya karena agama saja, tidak adakah rahasia Allah yang ikut berperan dalam menentukan baik dan buruk. Lihat lah sayyidah Asiyah yang diperistri oleh firaun, sayyidah Asiyah wanita yang mulia berjodoh dengan Fir'aun yang durhaka pada Allah. bukankah ini salah satu contoh bahwa wanita baik yang tidak diperuntukan untuk lelaki yang baik. menurut agama Asiyah adalah wanita yang baik sedangkan fir'aun adalah lelaki yang durhaka. disini artinya baik dan buruk seorang manusia itu merupakan rahasia Allah dalam menetukan perjodohan.

Mungkin rahasia Allah disini adalah bahwa Asiyah diperistri Fira'un guna untuk menyelamatkan nabi Musa dari pembunuhan fir'aun. pada waktu itu fir'aun memerintahkan bala tentaranya untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang lahir. Ayat ini tidak menjadi salah atau disalahkan ketika ada seorang wanita yang baik-baik yang menikah dengan lelaki yang tidak baik ataupun sebaliknya. karena disitu ada rahasia Allah yang tidak diketahui. begitu juga baik dan buruk itu merupakan rahasia Allah swt. " Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”. (QS. al-Baqarah [2]: