Jenuh kah kalian mendengar berita negatif melulu di media sosial, internet maupun televisi?

Kita semua tahu bahwa Indonesia bisa dibilang sedang dalam masa yang panas-panasnya. Bukan karena hawanya tetapi karena berbagai permasalahan yang sedang melanda negeri ini. Banyak sekali oknum-oknum yang ingin memecah belah bangsa ini. Mungkin tidak terlalu terlihat tetapi sebenarnya kita semua pasti tahu hal itu memang terjadi saat ini. Bisakah kita hilangkan hal seperti ini? Jawabannya adalah Sangat Bisa. Dengan cara apa? Ya kita semua ini seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Tidak hanya orang-orang tua saja yang mengambil peran, tetapi kita sebagai generasi muda generasi pembangun bangsa juga dapat berperan serta.

Tapi kan, kalau kita ikut-ikutan begitu nanti dibilang sok-sok an

Kalau pikiran kalian seperti itu ya bisa dipastikan berpuluh-puluh tahun pasti Indonesia yang begini saja. Indonesia yang diimpikan oleh para pejuang kita terdahulu sia-sia belaka. Para pemuda yang dulu tidak bisa menikmati masa-masa yang menyenangkan seperti yang kita rasakan seperti ini karena harus bekerja keras untuk merebut Indonesia dari tangan penjajah. Tugas mereka jauh lebih berat karena melawan asing, tapi kita hanya melawan bangsa kita sendiri. Banyak orang-orang yang memprovokasi orang lain untuk bertindak yang merugikan bangsa ini.

Apakah kita tidak malu, bangsa lain berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dengan memajukan industri nya, perekonomiannya, sementara kita hanya mengurus hal-hal yang sepele yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Sungguh sayang bangsa yang sebenarnya bisa berdiri dengan gagahnya, mengalahkan bangsa lain yang tidak punya apa-apa tetapi kita dibodohi oleh mereka. Apa gunanya kita keluar negeri untuk mengemban ilmu tetapi akhirnya tidak bisa memajukan negara sendiri? Apa gunanya sekolah tinggi-tinggi kalau endingnya hanya memperbanyak pengangguran.

Advertisement

Sudah saatnya kita berbenah mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar kita. Mungkin hal-hal yang sepele yang kita anggap itu biasa saja akan menjadi luar biasa. Jangan pernah takut untuk menyuarakan kebenaran, berantas hal-hal yang menyebabkan kebencian di masyarakat kita. Jangan sampai mereka yang serakah, licik menguasai bangsa ini.