Pada saat ini sedang hangat-hangatnya berfoto dan di post atau di abadikan di instagram, sebuah aplikasi yang membentuk galeri foto kita. Berbagai tempat dikunjungi untuk berlomba-lomba mengabadikan foto berpetualang di tempat-tempat wisata yang sedang ngehits. Ingin mempunyai koleksi foto hunfot yang bernuansa alam Kulon Progo tempatnya. Kulon Progo adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang terletak paling barat kota Yogya. Tepatnya di bagian Barat Daya kota Yogyakarta. Kulon Progo adalah kota berbudaya, mempunyai berbagai ciri khas tersendiri dalam makanan, tradisi, tarian, dan kerajinan.

Tidak hanya itu kulon progo juga merupakan kabupaten pariwisata yang mempunyai wisata alam yang bermacam-macam seperti puncak, air terjun atau biasa disebut curug, goa-goa, pegunungan, dan pantai. Banyak sekali pemandangan indah di Kulon Progo yang cocok digunakan untuk menjadi background hunfot. Berikut adalah Air Terjun Kembang Soka, Air Terjun Kedung Pendut, Air Terjun Grojogan Sewu, Goa Kiskendo, Air Terjun Perawan Sidoharjo, Kebun Teh Nglinggo, Waduk Mini Klenco, Air Terjun Sidoharjo, Waduk Mini Kalibawang, Pantai Trisik dll. Di bawah ini adalah 4 wisata di Kulon Progo yang yang lebih memanjakan dan mudah untuk dikunjungi :

1. Puncak Suroloyo

Siapa yang tidak tahu puncak suroloyo ? Puncak di Kulon Progo yang terletak di perbukitan Menoreh. Tepatnya di Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Jalan menuju tempat wisata puncak suroloyo sangat ekstrim karena jalannya yang berkelok-kelok dan juga naik turun. Tetapi tidak mengurangi keindahan pemandangan yang mewarnai sekitar jalan arah ke puncak ini. Siapkan tenaga untuk bisa naik sampai puncak suroloyo ini karena untuk mencapai puncak kita harus menaiki sekitar 286 anak tangga. Sampai di atas pastilah dikejutkan dengan pemandangan menakjubkan ada di depan mata. Dari puncak ini kita bisa melihat berbagai pemandangan alam yang sangat luar biasa, eloknya candi borobudur yang terlihat kecil mungil menambah eloknya puncak ini. Selain itu juga ditambah dengan panorama puncak Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang terlihat dari atas puncak suroloyo ini.

2. Hutan Wisata Kalibiru

Advertisement

Wisata kalibiru yang terletak di wilayah Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Kalibiru masuk kedalam desa wisata, sehingga yang mengelola Kalibiru adalah warga setempat. Di Kalibiru kita dapat menikmati keindahan perbukitan menoreh, dan juga keindahan Waduk Sermo. Kalibiru merupakan salah satu wisata alam yang terkenal dan sekarang sering dikunjungi, mungkin karena namanya yang unik dan juga keindahan alam yang disajikan tidak mengecewakan pengunjung. Tidak hanya itu, wisata Kalibiru juga terdapat tempat outbound, bagi pengunjung yang ingin flyingfox bisa membayar ke petugas outbound.

Pemandangan lebih menarik dan menakjubkan biasanya bisa di dapat dari atas pohon seperti pada gambar, karena disitu kita bisa melihat jelas keindahan waduk sermo di bawahnya.

3. Waduk Sermo

Ke kalibiru jangan lupa mampir di sini ya. Waduk sermonya Kulon Progo. Disini tempatnya jika ingin mendapatkan view yang bagus untuk hunfot. Jangan lupa kelilingi dulu waduknya pasti ada tempat yang lebih menakjubkan jika untuk berfoto.

Waduk sermo terletak di dusun sermo, hargowilis, kokap, kulon progo. Bisa dilihat di peta atau di googlemaps. Perjalanan menuju kesini belum begitu ekstrim walaupun sudah berada di wilayah agak pegunungan. Kesegaran udara di waduk sermo sangatlah berbeda karena panorama yang ada adalah air dan kesejukan dari pohon-pohon yang mengelilingi waduk ini.

Di waduk sermo ini, kita juga bisa ke dermaga nya untuk menaiki kapal yang telah disediakan untuk menikmati luasnya waduk sermo ini. Tarif bisa ditanyakan oleh petugas disana. Tak hanya akhir pekan saja, setiap harinya wisata ini menjadi tujuan pengunjung untuk mengabadikan moment bersama teman, keluarga.

4. Pantai Glagah Indah

Pantai yang membentang luas dengan hamparan pemandangan lepas yang sangat luar biasa dimana lagi kalau bukan disini. Salah satu tempat favorit untuk merefresh tenaga dan pikiran karena padat dengan tugas kerjaan maupun sekolah. Disini kita juga bisa melihat viem panorama indah yang membentang dari arah timur ke barat dan sebaliknya. Pantai Glagah Indah terletak di muara Sungai Serang, Kecamatan Temon, Kulon Progo. Pantai ini perbatasan antara Yogya dengan jawa tengah sebelum pantai congot.

Di pantai glagah ini terdapat banyak tempat untuk mengabadikan moment. Seperti di pemecah ombak, di dermaga, di pasir pinggir pantai, di waduk mininya glagah dan di gardu-gardu yang di buat di pinggir jalan beriringan dengan waduk. Di waduk glagah ini kita juga bisa menaiki perahu-perahu kecil menyusuri bentangan waduk mini ini. Yang pasti menakjubkan lagi yaitu di sore hari saat matahari akan tenggelam. Sangat terlihat dekat dan sangat indah sunset di pantai glagah.