Buat kalian pecinta tanaman mungkin sudah nggak asing dengan Pohon Tin, atau bahkan kalian juga belum mengenalnya sama sekali. Pohon Tin berasal dari Timur Tengah dan disebutkan dalam kitab suci umat muslim yaitu Al Qur`an serta dalam kitab suci umat nasrani yaitu Injil. Tin memiliki nama latin Ficus Carica, tanamna satu ini meskipun berasal dari Timur Tengah tetapi bisa kita temui dengan mudah di seluruh dunia bahkan di Indonesia.

Pohon Tin memiliki jenis yang cukup banyak, dan yang sudah beredar di Indonesia masih terbilang sedikit. Ada beberapa jenis yang sudah cukup terkenal di Indonesia seperti jenis Green Yordan atau disebut juga Tin Hijau bahkan ada yang menyebutnya Sang Legenda karena jenis satu ini tahan banting dan dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Selain itu ada juga Purple Yordan atau Tin Ungu, serta Brown Turki.

Pohon Tin memiliki buah berbentuk agak lonjong dengan tingkat kemanisan yang berbeda untuk setiap jenisnya, selain itu warna buah ketika matang juga berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Tinggi Pohon Tin bisa mencapai lebih dari sembilan meter dan bisa diperbanyak dengan cangkok atau stek.

Bagi teman-teman pecinta tanaman yang mengaku kekinian pastinya sudah nggak asing sama pohon satu ini. Pohon Tin memang sedang naik daun. Selain sedang naik daun, manfaat Pohon Tin juga sangat banyak.Yuk keep gardening, biar bumi semakin sehat.