Belanja memang menyenangkan, apalagi kalau punya banyak uang. Sudah bukan rahasia lagi kalau kaum wanita memang suka banget sama yang namanya belanja. Kaum wanita juga-lah yang selalu jadi sasaran empuk para pengiklan. Nggak cuma wanita aja kok, terkadang pria juga tergiur untuk membeli barang yang ternyata nggak penting.

Jadi intinya, semua orang bisa jadi korban iklan. Kalau sudah begitu, ujung-ujungnya pasti menyesal karena uang terbuang untuk beli sesuatu yang nggak perlu. Ada sedikit tips nih buat meredam keinginan kita yang selalu ingin beli ini-itu, padahal budget sekarat.

1. Belilah Barang yang Dibutuhkan

Ingat pepatah legendaris ini: “Belilah yang kamu butuhkan, bukan kamu inginkan.”

Jadi jelas, kita harus membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.

Advertisement

Masih ada lagi, tips dari Warren Buffet berikut ini:

“If you buy things don’t need, soon you will have to sell things you need.”

(Jika kamu membeli barang yang tidak kamu butuhkan, pasti kau harus menjual barang yang kamu butuhkan.)

Maksudnya, kalau kamu banyak untuk beli sesuatu yang nggak perlu, bisa jadi suatu saat kamu harus menjual barangmu yang lain demi balikin ongkos yang terbuang percuma. Pedih banget kan kalau sampai terjadi? Justru itu, balik ke peraturan no. 1 tadi: Belilah yang kamu butuhkan, bukan kamu inginkan.

2. Buat Daftar Belanjaan

Setiap akan berbelanja ke pasar, toko, atau supermarket, buatlah daftar barang yang akan kita beli. Tulis semua, jangan sampai ada yang kelupaan. Dan jangan lupa juga, saat belanja kita harus fokus sama apa yang sudah tertulis di daftar yang telah kita tulis. Selain bisa menghemat budget, kita juga bisa menghemat waktu yang terbuang karena terlalu lama berpikir mengingat-ingat apa yang akan dibeli atau pun berkeliling supermarket cuma untuk lihat-lihat barang saja.

2. Unfollow Akun Online Shop,.. sekarang!

Jaman sekarang belanja nggak harus pergi ke toko lagi. Meski kita duduk santai di rumah pun, kita bisa belanja via online dan bayar saat barangnya sampai di rumah. Online shop memang sudah merajalela. Segala barang dan jasa, semua tersedia. Ini memang memudahkan, tapi kita juga harus bijak dalam memanfaatkannya.

Masalahnya, tiap postingan akun ol-shop yang unyu-unyu muncul di timeline, udah pasti bikin tergoda pengen beli. Apalagi harganya pun murah meriah. Cara paling mudah untuk menahan godaan ini adalah unfollow akun-akun ol-shop tersebut. Kita bisa catat nama akun ol-shop favorit kita di tempat lain, dan menghubungi akun tersebut jika suatu saat butuh membeli.

3. Jangan Tergiur Diskon

Banyak tawaran diskon sebenarnya cuma strategi pemasaran,.. padahal kalau dihitung-hitung harga jual barang tersebut ternyata nggak beda jauh jika tidak diskon, atau bahkan tetap mahal. Jadi terkadang ini memang untuk mengecoh konsumen aja. Jadi jangan sampai kepikiran,”Beli aja ah, mumpung lagi diskon.”

So, yang paling penting sih, memang kita harus bijaksana dalam mengatur pengeluaran. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.