Bicara masalah anak kos, tentu bicara tentang kemandirian. Saat kita memutuskan untuk hidup berpisah dari keluarga karena adanya tuntutan jarak maka banyak sebagian dari kita memutuskan untuk hidup menjadi anak kos. Dari beberapa kenyataan sebagai anak kos, tentu ada juga beberapa pendapat orang lain tentang kehidupan kita sekarang ini.

Banyak orang bilang kalau kita (anak kos) adalah sekumpulan orang yang tidak perduli dengan kebersihan. Mereka banyak berpendapat jika kita lebih menyukai sesuatu yang instan. Yaah mungkin sebagian pendapat itu memang benar, tapi dibalik itu semua kita juga sangat perduli dengan kebersihan. Nah dibawah ini akan disebutkan beberapa bukti bahwa kita sebagai anak kos juga perduli tentang kebersihan 🙂

Tempat tidur sebagai tempat ternyaman kita di rumah kos

Tempat tidur adalah tempat yang sangat berharga untuk kita (anak kos) karena di tempat ini kita dapat melakukan banyak aktivitas. Mulai dari tidur sebagai kebutuhan, belajar, ngerjain tugas, galau, bahkan juga sebagai tempat paling asyik untuk ngerumpi (buat cewe :p). Nah kebayangkan kalau tempat paling istimewa itu ga bersih??? Mana bisa asyik jika mau melakukan segudang aktivitas kita.

1. Makanan

Mungkin sesuatu yang instan itu adalah hal yang paling mudah. Termasuk juga makanan instan. Selain lebih praktis makanan instan juga dapat menyingkat waktu sehingga kita dapat melakukan hal yang lain juga. Tetapi bukan berarti kita (anak kos) selalu menggunakan prinsip ini. Buktinya kita lebih senang masak bareng teman kos yang lain. Selain dapat mempererat persaudaraan (sebagai sesama anak kos) kita juga dapat belajar menu kuliner baru dari teman kita yang berasal dari daerah lain dengan kita.

2. Meja belajar

Advertisement

Yap benar meja belajar.Bagaimana bisa belajar kalau yang kita lihat adalah tumpukan kertas yang mungkin uda ga kepakai lagi tapi tetap bersarang di meja belajar. Jelas hal tersebut akan mengganggu proses belajar kita. Kalau belajar uda keganggu gimana mau raih prestasi???

3. Rak piring, sepatu dsb

Mungkin banyak dari orang tidak memperdulikan tentang hal kecil ini. Tapi asal kalian tau kita (anak kos) justru sangat memperdulikan hal ini. Gimana mau makan, kalau yangkita lihat adalah tumpukan piring kotor. Begitu juga dengan rak sepatu, kalau sepatu aja ga pernah dicuci siapa yang betah tahan lama di kamar kos???

4. Tempat pakaian kotor

Yah ini juga sih yang menggaggu kita kalau hidup sendiri. Apa-apa ya harus mendiri termasuk cuci pakaian sendiri. Bayangin aja kalau kamar kita dipenuhi dengan pakaian yang banyak bergelantungan di kamar. Bukan semakin indah itu kamar (karena banyak ornamen) malah dikiranya itu tempat laundry :p.

5. Sapu, kemoceng, lap adalah benda wajib yang kita miliki

Benda-benda ini adalah benda wajib yang harus kita miliki. Karena tanpa benda-benda ini kita tidak akan bisa menyulap kamar (yang biasanya berukuran 3x4m) ini jadi tempat ternyaman saat kita ingin melepas lelah. Benda-benda ini penyelamat kita juga 😀

6. Pakaian kita

Banyak orang bilang bahwa kepribadian seseorang dapat dilihat dari pakaian yang biasa dikenakannya. Nah kita sebagai anak kos juga sangat memperdulikan hal tersebut. Siapa sih yang ga mau kelihatan rapi di depan banyak orang?? Ga mungin kan kalau kita (anak kos) selau tampil urakan.

7. Kreatif adalah sifat kita

Kan barang bekas menjadi sesuatu yang berharga adalah salah satu kelebihan kita. Karena sebagai anak kos kita jelas dituntut untuk dapat hidup berhemat. Nah salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan barang bekas yang ada di sekitar kita untuk menjadi sesuatu yang berharga. Hal ini jelas akan membantu kebersihan di lingkungan kita karena banyak barang yang tadinya tidak berguna, kini kita dapat menjadikannya barang yang berharga.

8. Jadwal mingguan yang melatih kita menjadi lebih bertanggung jawab

Beberapa tempat kos menerapkan peraturan ini. Dimana setiap minggu kita (anak kos) diwajibkan untuk melakukan piket kebersihan. Piket ini dapat dengan membersihkan kamar mandi, dapur, tempat sholat dsb yang digunakan sebagai tempat umum.

9. Mandi bebek

Antri. Iya itu adalah salah satu kegiatan yang hampir kita lakukan setiap harinya. Salah satunya adalah antri untuk mandi. Banyak orang mengira kita (anak kos) pasti selalu mandi bebek. Hehe iya sih tapi saat kita mendapatkan kesempatan untuk (lebih lama) di kmr mandi jelas kita akan memnfaatjkan waktu itu. Sehingga kebersihan diri pun tetap menjadi prioritas utama kita dalam menjaga kebersihan.

Nah…dari beberapa bukti di atas terbukti kan kalau kita (anak kos) juga sangat perduli dengan kebersihan. Karena prinsip kita sama yaitu bersih pangkal sehat J

So, jangan pernah pandang orang lain hanya dari apa yang kita lihat di luarnya, karena hal tersebut belum tentu benar.