Tampil langsing dan menarik adalah dambaan siapa pun. Banyak orang yang melakukan diet ketat, mengonsumsi berbagai macam ramuan dan menahan rasa lapar hanya untuk jadi kurus tanpa memikirkan efek sampingnya terhadap kesehatan. Ubahlah pola pikir seperti itu dengan mengikuti 10 tips menurunkan berat badan secara cepat dan sehat di bawah ini:

Jangan melewatkan sarapan pagi

Tahukan kamu bahwa sarapan pagi bisa membantu membuatmu lebih langsing? Penelitian menyatakan bahwa sarapan di pagi hari membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Untuk pembakaran lemak secara maksimal, pastikan kamu sarapan 30-60 menit setelah bangun pagi. Pilih menu yang banyak mengandung protein seperti telur rebus, sereal dan susu, yoghurt atau roti gandum. Protein tinggi dapat menangkal rasa lapar di jam produktif, sehingga kamu tidak tergoda untuk mencari kudapan lain sebelum jam makan selanjutnya.

Kendalikan rasa laparmu

Kenalilah rasa laparmu agar kamu bisa mengendalikannya. Terkadang kita tidak menyadari, saat merasa haus seakan-akan juga merasa lapar. Sehingga untuk memenuhinya kita tidak hanya minum namun juga sekalian makan, padahal kebutuhan tubuh saat itu sebenarnya hanyalah air.

Untuk menentukan apakah kamu sedang lapar atau haus, cobalah minum segelas air dan tunggulah 15 menit. Jika keinginan untuk makan itu hilang, artinya kamu hanya haus saja dan belum perlu segera makan.

Bangunlah kebiasaan makan yang baik dan aturlah porsinya

Advertisement

Tanpa harus mengatur menu diet yang ketat, kamu bisa menurunkan atau menjaga berat badan dengan membangun kebiasaan yang baik dan sehat seperti:

Makan ketika lapar, bukan saat sedang merasa bosan, stres, atau tidak ada kesibukan.

Memberikan jeda waktu sekitar 3 jam antara waktu makan dengan waktu menyantap kudapan ringan, dan sekitar 5 jam ke waktu makan berikutnya.

Hindari makan terlalu malam, makanlah minimal 2-3 jam sebelum tidur.

Cara lain yang bisa membantu usaha kamu adalah dengan mengurangi porsi makan. Tipsnya, gunakan piring kecil saat mengambil makanan, karena secara alami kita akan terkondisikan untuk mengambil makanan sesuai ukuran piring tersebut.

Berhentilah sebelum kenyang

Biasakanlah untuk berhenti makan sebelum kamu merasa penuh atau kenyang. Idealnya komposisi isi perut itu terdiri dari 1/3 air, 1/3 makan, dan 1/3 udara, jika kita makan terlalu banyak, maka volume lambung akan terlalu penuh dan enzim tidak memiliki banyak ruang untuk mencerna makanan secara sempurna.

Selain itu, makan berlebihan juga bisa meningkatkan kadar gula darah sehingga memicu peningkatan hormon insulin dan mendorong tubuh menyimpan lemak lebih banyak.

Kurangi lemak dan kalori dalam makananmu

Untuk menjaga berat badan agar tidak cepat bertambah timbangannya, kurangilah asupan kalori dan lemak, yaitu dengan:

Konsumsi makanan rendah gula karena dapat memicu peningkatan hormon insulin yang mempercepat penyerapan gula dalam tubuh.

Beralihlah ke karbohidrat kompleks, yaitu karbohidrat yang kaya serat seperti beras merah, roti gandum, atau kentang. Karbohidrat kompleks lebih sulit disimpan sebagi lemak sehingga tidak membuat gemuk. Hindari makanan berminyak, karena kandungan kalorinya yang tinggi memicu penumpukan lemak di tubuh.

Imbangi dengan detoksifikasi

Cara sehat lainnya untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengeluarkan lemak dan racun dari dalam tubuh. Cara ini dikenal dengan istilah detoksifikasi. Detoksifikasi alami paling sederhana dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi air putih karena dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Cara lain untuk melakukan detoks adalah dengan mencampur air dengan beberapa jenis buah-buahan menjadi air detoksifikasi, atau yang ramai disebut sebagai infused water. Kelihatannya memang sederhana, namun air detoksifikasi memiliki banyak manfaat seperti membuang racun tubuh, menurunkan berat badan, menyeimbangkan kadar Ph dalam tubuh, membersihkan kulit, dan meningkatkan energi.

Ayo berolahraga

Kurang bergerak atau beraktivitas merupakan salah satu penyebab terjadinya timbunan lemak di tubuh. Olahraga adalah cara yang paling efektif untuk membakar kalori sehingga tubuh bisa menjadi lebih sehat dan langsing.

Tidak usah memilih olahraga yang terlalu berat, pilihlah aktivitas sehari-hari yang membuatmu bergerak, seperti berjalan kaki ke halte terdekat, bersepeda ke stasiun kereta, atau bahkan berkebun. Lakukanlah secara teratur setidaknya 30 menit setiap hari. Olahraga yang teratur membantu kamu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Hindari stres

Stres berkontribusi meningkatkan berat badan karena dapat menyebabkan hormon kortisol yang memicu rasa lapar. Peningkatan hormon kortisol juga menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat sehingga pembakaran kalori berkurang dan terjadi penumpukan lemak.

Usahakan untuk beristirahat dengan cukup

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan istirahat dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan dan obesitas. Kurang istirahat juga dapat memperlambat metabolisme dan berpengaruh terhadap peningkatan hormon yang memicu rasa lapar dan membuat tubuh sulit merasa kenyang.

Lakukan konsultasi kesehatan

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan upaya pengurangan berat badan. Pastikan kamu tidak mengidap suatu penyakit yang menyebabkan kamu tidak boleh melakukan diet tersebut.

Perhatikan juga apabila kamu sedang mengonsumsi obat tertentu, karena beberapa obat seperti anti depresan, obat tekanan darah tinggi, diabetes, kortikosteroid, dan pil kontrasepsi memiliki efek samping meningkatkan berat badan.

Demikianlah 10 tips mengaurangi berat badan secara mudah dan sehat yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan bugar. Perlu diingat bahwa untuk menjadi langsing butuh proses yang mungkin tidak sebentar, karena hasil yang baik tidak diperoleh secara instan. Tetap semangat!