Sebenarnya, apa yang membuat kita tidak berkonsentrasi saat membaca? Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita mengalami hal yang tidak menyenangkan seperti itu.

Pertama, seberapa penting dan tertariknya kita terhadap buku yang akan kita baca. Semakin menarik buku yang akan kita baca, semakin mudah kita berkonsentrasi. Hal itu sudah alami dan terjadi otomatis. Jika kita menyukai sesuatu, kita akan mudah memberikan perhatian kesana.

Faktor kedua adalah kondisi fisik. Jika kita sedang dalam kondisi segar-bugar, konsentrasi mudah di bangun. Jika tidak, sebaiknya kita beristirahat. Konsentrasi membutuhkan energi. Tak bisa dipungkiri bahwa manusia adalah makhluk energi. Ketika energi kita melemah kita akan kesulitan beraktivitas. Jadi konsisi fisik penting untuk menunjang konsentrasi.

Faktor ketiga adalah kondisi pikiran. Dalam satu menit terbentuk ribuan buah pikir yang terus menerus berterbangan dalam kepala kita. Saat pikiran kita dalam kondisi tenang, buah pikir mulai bisa diamati. Nah jika kita mengikuti buah pikir itu, kita sudah tidak konsentrasi dengan hal yang kita baca. Tapi, jika yang dibayangkan adalah materi yang sedang kita baca, itu tidak masalah.