Boleh saja biaya tak terduga dicadangkan saat Anda traveling. Hanya saja, hindari untuk membuat pengeluaran tak terduga yang berlebihan, yang tanpa kita sadari kita keluarkan untuk hal-hal kecil ini.

1. Transportasi Dalam Kota

Perhitungkan tentang transportasi dalam kota yang tidak hanya efisien tetapi juga efektif digunakan untuk menuju destinasi yang diinginkan. Jenis transportasi ini bisa jadi berbeda-beda tergantung kota atau negara yang Anda datangi. Misalnya, bisa jadi Anda lebih hemat menggunakan bus kota ketimbang kereta bawah tanah. Bisa juga, jalan kaki menjadi alternatif yang lebih cepat dan masih bisa dijangkau ketimbang menunggu dan berdesak-desakan dalam bus. Atau, jika Anda jalan-jalan bersama beberapa orang, taksi bisa jadi pilihan efektif dan efisien ketimbang naik bus.

2. Biaya Bagasi Berlebih

Banyak sekali yang seringkali tidak menghiraukan aturan tentang bagasi untuk setiap maskapai. Setiap maskapai memberlakukan berat maksimumbagasi berbeda-beda untuk tiket yang Anda beli. Bahkan, jika Anda membeli tiket dari low cost carrier, bagasi dijual terpisah. Jadi, pastikan Anda mengecek tiket yang Anda beli, merencanakan bagasi yang Anda bawa, dan belilah sbeelumnya jika diperlukan untuk menghindari biaya tambahan untuk kelebihan beban bagasi.

3. Konektivitas Telepon Selular

Cek konektivitas dan paket data telepon selular Anda jika ingin terus terkoneksi dengan internet. Beberapa operator telepon selular menawarkan paket hemat jika Anda berminat mendapatkan paket roaming yang murah. Membeli kartu SIM lokal bisa menjadi alternatif, namun jika tidak mencari tahu terlebih dahulu operator yang menawarkan harga terbaik, Anda bisa tetap berujung mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Atau, bisa jadi Anda sebenarnya tidak perlu setiap saat terkoneksi dengan internet dan cukup menggunakan fasilitas Wi-fi di area-area tertentu.

4. Makan dan Minum

Beberapa orang sering tergoda untuk membeli makanan atau minuman dalam bandara, terminal, lokasi-lokasi destinasi wisata, bahkan di dalam pesawat. Biasanya, harga makanan dan minuman di tempat-tempat ini jauh lebih mahal dibandingkan harga di luar. Bawalah bekal sendiri jika di tempat-tempat ini memperbolehkan Anda membawa makanan dan minuman dari luar. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa mengatur jadwal agar dapat makan terlebih dahulu di luar sebelum terpaksa membeli makanan dan minuman ini.

5. Perlengkapan Pribadi

Advertisement

Jika Anda terbiasa menggunakan perlengkapan pribadi dengan merk tertentu, seperti sampo, sabun muka, atau krim wajah, bawalah produk-produk ini secukupnya di dalam botol yang kecil. Bisa saja kita membeli produk tersebut di tempat yang kita datangi, namun berarti Anda perlu mengeluarkan uang untuk membeli produk tersebut dan harus membawa botol-botol produk tersebut kembali dan menambah beban tas Anda.