“ 5 Langkah Menghadapi Dilema di Akhir Bulan”

Dalam dunia era globalisasi ini teknologi semakin canggih, kebutuhan primer maupun sekunder sangat menuntut para pekerja. Pengaturan keuangan pun harus tertata dengan baik agar tidak terjadi yang namanya kehabisan uang di akhir bulan. Tentu anda sangat tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah hal tersebut.

Buat daftar keperluan yang paling utama dan anda butuhkan

Ketika awal bulan, sebagian besar dari anda menerima gaji. Dalam situasi dan kondisi tersebut pastikan anda telah membuat daftar keperluan yang paling utama dan anda butuhkan. Hal ini dapat mencegah anda dari pemborosan uang. Jangan lupa tulis dan tempel di tempat yang sering anda lihat seperti di depan kulkas, meja kantor, pintu kamar, dll. Anda juga bisa menulisnya di smartphone. Dengan menjadikannya wallpaper akan mudah di ingat. Ketika membuka smartphone maka akan menjadi pengingat yang baik saat anda melihatnya di layar smartphone anda. Jangan lupa buat daftar belanjaan anda secara terperinci. Jangan meemasukan daftar barang yang tidak perlu jika hanya sekedar ingin memilikinya. Periksa kembali lagi dengan seksaama daftar belanjaan tersebut. Agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Menabung’

Advertisement

”Menabung” kata itu tepat sekali untuk anda di awal bulan. Pastikan anda selalu meyisihkan uang dari penghasilan di awal bulan untuk tabungan baik di rumah secara pribadi ataupun di bank. Agar ketika ada hal-hal yang tak terduga dan mendesak anda dapat mengambilnya. Menabung juga sangat bermanfaat untuk ada di masa depan nanti. Tidak akan merugikan anda dengan menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan anda. Mungkin anda bisa membeli celengan yang menarik atau lucu bentuknya agar anda lebih bersemangat menabung. Celengan dari tanah liat bisa menumbuhkan kembali memori anda di masa kecil. Karena sesuatu yang unik bisa menimbulkan ketertarikan tersendiri. Tak usah menabung dalam jumlah yang besar. Tapi pastikan anda melakukannya rutin setiap hari walaupun dalam nominal yang kecil. Seperti sebuah pribahasa “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.” Sesuatu yang di lakukan terus menerus bisa menjadikan suatu kebiasaan. Alangkah baiknya menabung menjadi suatu kebiasaan anda dan itu akan berdampak besar dan positif untuk kehidupan di masa mendatang.

Hindari kegiatan kegiatan yang menghabiskan banyak uang seperti liburan

Liburan memang sangat menyenangkan. Bersantai bersama keluarga, melepas penat dan jenuh setelah menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dan membuat anda merasa tertekan. Belum lagi tugas-tugas yang menumpuk dan di batas deadline. Maka kita sangat membutuhkan waktu untuk memanjakaan diri bersama keluarga ataupun diri sendiri. Pastikan anda melakukan liburan dengan biaya yang sudah di rencanakan dari awal dengan perhitungan yang rinci. Ingat bahwa hari yang anda lalui masih sangat panjang. Pergilah ke tempat-tempat yang tidak menghabiskan banyak uang. Perpustakaan adalah salah satu tempat yang bisa mengisi kegiatan waktu luang anda. Selain biaya yang ekonomis anda juga bisa mendapatkan banyak ilmu. Rumah adalah tempat ternyaman untuk menghabiskan waktu bersama. Banyak hal yang dapat anda lakukan membuka album-album lama, mendengarkan musik yang anda sukai, berkebun, menonton televisi bersama keluarga ataupun hanya sekedar bersantai di sofa kesayangan anda. Lari pagi bersama juga membuat liburan semakin berkesan. Berjalan santai di lingkungan tempat tinggal anda meningkatkan rasa solidaritas bersama dengan orang-orang di lingkungan sekitar. Hal tersebut jauh lebih menyenangkan di bandingkan liburan yang mewah. Di tambah lagi biaya yang di perlukan tidak ada.

Jangan mudah tergiur dengan potongan harga atau promo-promo

Potongan harga atau promo-promo akan banyak sekali bermunculan dan mudah anda temukan dimana-mana. Entah itu di selebaran kertas, pusat perbelanjaan, di email, internet, ataupun pesan singkat yang masuk ke smartphone anda. Lalu anda akan mudah tergiur, padahal sebenarnya semua barang ataupun produk tidak di perlukan untuk saat itu. Hanya saja kita akan berpikir barang atau produk tersebut sangat murah dari biasanya. Sudah hal yang wajar dan manusiawi ketika kita melihat promo-promo yang begitu menarik hati yang akan muncul pertama kali adalah membelinya. Ingat tanyakan lah pada diri anda lagi. Apakah saya membutuhkannya untuk saat ini?. Sebenarnya hal yang terpenting dalam mengatur keuangan anda adalah menahan diri untuk tidak membelanjakan uang berlebihan pada saat bersamaan.

Budayakanlah berhemat

Awal bulan adalah hal yang di tunggu-tunggu bagi setiap orang. Entah pada saat itu anda menerima gaji, tunjangan, ataupun uang pensiun. Budayakan lah berhemat agar ketika anda menerima hal itu semua, uang anda tidak cepat habis dan kebutuhan di akhir bulan tetap terpenuhi. Berhemat bisa di lakukan dengan cara mengikuti arisan. Salah satu cara untuk berhermat arisan bisa di ikut sertakan, banyak orang mengira itu adalah suatu pemborosan uang. Padahal yang sebenarnya arisan bisa di katakan menabung dan menyisihkan uang. Arisan juga bisa di sebut sebagai uang kaget. Mungkin anda akan bisa menerima uang tersebut di akhir bulan tanpa di duga dan di tebak. Sunggu sangat menyenangkan dan merupakan suatu keberuntungan di akhir bulan.

Tak usah risau dan gelisah lagi di akhir bulan jika anda sudah melakukan 5 langkah tersebut maka dilema bisa terselesaikan dengan baik. Katakanlah selamat tinggal pada kegalauan anda selamat ini. Mari kita terapkan 5 langkah tersebut mulai saat ini. Tunggu apa lagi selamat mencoba.