B-A-H-A-G-I-A

Semua orang di dunia ini pasti menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya. Tapi kalau dilihat-lihat, sebagian dari kita masih sulit menemukan cara untuk menjadi bahagia. Padahal untuk menjadi bahagia itu gak susah, kok. Seperti tiga kata pada kutipan di atas, bahagia itu sederhana, dan untuk mendapatkannya juga tidak perlu ribet browsing di internet atau membayar mahal psikiater.

Mungkin, penyebab seseorang sulit mendapat kebahagiaan adalah pola pikirnya yang selalu negatif, selalu curiga dengan orang lain, dan selalu meributkan hal-hal yang gak penting. Belum apa-apa, pikirannya udah negatif duluan, padahal belum tentu kayak gitu.

Untuk kamu yang sedang mencari cara agar hidup kamu bahagia, simak tulisan ini, ya!

1. Berpikir Positif

Advertisement

Untuk menjadi bahagia, dibutuhkan pola pikir yang positif. Ketika kamu mendapat suatu masalah, coba untuk tidak terlalu memikirkan masalah itu terus-menerus. Misalnya, kamu abis diputusin sama pacar kamu, terus kamu galau gak karuan karena sejujurnya kamu masih sayang sama dia. Coba bangkit dan ambil hikmahnya. Mungkin, Tuhan punya pengganti yang lebih baik dan lebih tepat untuk mendampingi hidup kamu kelak nanti. Atau, mungkin aja Tuhan punya jalan lain yang mengharuskan kamu untuk tetap fokus pada pendidikan dan jenjang karir kamu. Intinya, berpikir positif dulu, deh.

2. Berhenti Mengeluh

Kamu pasti tau, kalau mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah yang sedang kamu alami saat ini. Jadi, daripada waktu kamu terbuang karena selalu mengeluh, lebih baik kamu cari solusi untuk menyelesaikan masalah kamu. Kamu bisa sharing sama sahabat atau orang-orang terdekat kamu yang lainnya. Mungkin, sebagian dari mereka ada yang pernah mengalaminya juga, kan?

3. Me Time

Terkadang, untuk mengangkat sejenak beban di pundak kamu, kamu butuh yang namanya me time. Waktu dimana kamu melakukan 'liburan' seorang diri, dengan melupakan sejenak tugas, kerjaan, atau masalah hidup kamu. Ini berguna banget, lho. Coba deh, kamu pergi ke suatu tempat yang agak jauh, seperti Zimbabwe, misalnya. Di sana kamu akan menemukan orang-orang baru dan bisa sembari kenalan juga. Lumayan, kan, buat mengasah komunikasi kamu dengan orang asing?

4. Tenang

Coba deh, jangan segala sesuatunya diselesaikan menggunakan emosi. Kalau kamu lagi emosi, otak kamu akan berpikir pendek tanpa memikirkan kedepannya bagaimana. Cobalah untuk tetap tenang dalam menghadapi setiap masalah. Dinginkan kepala kamu dan mulailah menghadapinya!

5. Senyum

Senyum selalu bisa memberikan energi positif untuk kita dan bahkan orang lain. Coba untuk selalu menjadi orang yang murah senyum, meskipun kamu sadar bahwa senyum kamu gak indah-indah amat.

6. Ikhlas

Lakukan segala sesuatunya dengan penuh ke-ikhlas-an. Kalau kamu ikhlas, kamu pasti tenang menjalani hidup kamu. Ikhlas dalam segala hal ya. Seperti ikhlas menolong orang lain, ikhlas mengerjakan sesuatu, dan ikhlas melihat gebetan kamu jalan sama sahabat kamu. Hehehe.

Oke. Itu dia 6 cara untuk menjadi orang yang bahagia. Semoga setelah kamu membaca ini, kamu tidak lagi sedih, galau, dan murung terus-terusan. Siap untuk bahagia? 🙂