Kehilangan berat badan adalah perjalanan panjang dengan banyak kesalah pahaman yang menyertainya. Jadi, mari kita bicarakan lebih rinci tentang beberapa mitos, fakta, dan logika umum di balik penurunan berat badan.

Mitos pertama

Anda bisa kehilangan 10 kg dalam waktu sebulan.

➤ Logika

Banyak pusat kesehatan menggunakan jalur pemasaran ini untuk menjual produk mereka. Sebenarnya, ini adalah proses penurunan berat badan yang sangat tidak sehat dan tidak berkelanjutan. Kita harus selalu memikirkan manfaat jangka panjang dalam hal kesehatan. Secara ilmiah, kisaran penurunan berat badan yang sehat hanya berkisar antara 2 sampai 5 kg saja.

Advertisement

➤ Fakta

Anda tidak bisa kehilangan 10 kg dalam waktu sebulan.

 

Mitos kedua

Olahraga sudah cukup, tidak perlu diet.

➤ Logika

Olahraga bermanfaat untuk berbagai alasan, namun bila menyangkut penurunan berat badan, diet penurunan berat badan yang tepat memainkan peran penting. Jika Anda mengkonsumsi 1 sandwich ayam, Anda mengkonsumsi 400 sampai 500 kalori, Anda perlu membakar kalori ini dengan berolahraga setidaknya selama satu jam. Sekarang bayangkan skenario di mana Anda akan membuat pilihan yang lebih sehat. Dalam hal ini latihan setengah jam sudah cukup. Kenali berapa banyak latihan yang Anda butuhkan untuk menurunkan berat badan?

➤ Fakta

Olahraga tidak cukup, diet yang tepat sangat penting.

 

Mitos ketiga

Puasa dan melewatkan makan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

➤ Logika

Puasa dan melewatkan makan memperlambat metabolisme karena Anda menurunkan berat badan dengan perlahan. Selain itu, di kemudian hari Anda merasa sangat lapar.

➤ Fakta

Puasa dan melewatkan makan tidak pernah membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

 

Mitos keempat

Karbohidrat membuat Anda bertambah gemuk. Jadi, kurangi karbohidrat dalam makanan Anda.

➤ Logika

Karbohidrat tidak pernah membuat Anda bertambah gemuk. Kalorilah yang membuat Anda bertambah gemuk. Gula dan lemak yang sering mengandung karbohidrat membuat Anda gemuk. Memilih karbohidrat baik lainnya seperti biji-bijian.  

➤ Fakta

Karbohidrat tidak pernah membuat Anda bertambah gemuk. Anda harus menghindari karbohidrat buruk seperti gula, menambahkan gula, dan tepung halus. 

 

Mitos kelima

Diet makanan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

➤ Logika

Diet bebas terdiri dari 800 sampai 1000 kalori yang sulit diikuti. Ini memiliki banyak efek buruk dalam jangka panjang. Kita harus selalu menghindari jenis diet ini.

➤ Fakta

Makanan diet adalah jenis diet penurunan berat badan yang benar-benar menghasilkan penambahan berat badan  

 

Mitos keenam

Diet makan satu buah paling baik untuk menurunkan berat badan.

➤ Logika

Buah juga memiliki kalori. Namun, jika Anda hanya hidup pada buah-buahan, Anda menghilangkan tubuh Anda dari berbagai nutrisi dan dapat menghadapi masalah kesehatan jangka panjang            

➤ Fakta

Makan buah saja tidak baik sama sekali.

 

Itulah beberapa mitos dan fakta mengenai diet yang wajib kamu ketahui agar tak salah memilih metode diet. Pilihlah metode diet yang baik agar tubuhmu tetap sehat dan mendapatkan postur tubuh yang diinginkan. Selamat mencoba!