1. Berdoa

Doa adalah langkah awal saat kamu masuk dalam dunia Skripsi. Doa akan membantumu menahan emosi dengan dosen yang “galak/killer” dan membantumu lebih tenang menghadapi proses panjang skripsi.

2. Selalu Hubungi Dosen

Jangan takut kirim sms, email atau menelpon dosen kamu. Dosen nggak akan marah jika kamu mengirimnya sms asalkan sopan. Syaratnya pakai bahasa yang sopan, beri salam, meminta maaf karena telah mengganggu, beritahu keperluanmu, ucapkan terima kasih, dan sebelum menghubungi dosen kamu lewat sms/telpon lihat dulu waktunya. Dilarang menghubungi dosen di bawah jam 8 dan diatas jam 6 sore. Mengapa? Sebab dosen juga butuh waktu privasi dengan keluarga mereka jadi beri mereka kesempatan hidup tenang tanpa gangguan mahasiswanya.

Dengan kamu selalu menghubungi dosen kamu maka beliau akan bosen baca sms/email kamu atau menerima telpon kamu, di saat beliau bosan maka “mau nggak mau” beliau akan membalas sms kamu, kapan kamu bisa bertemu dengannya dan membahas skripsi kamu yang luar biasa itu

Advertisement

3. Rajinlah Konsultasi

Dengan kamu rajin konsul ke dosen kamu maka kamu semakin siap untuk sidang, semakin bagus juga hasilnya. Konsul lah lebih dari 10 kali maka dosen kamu akan hapal dengan isi skripsi kamu dan beliau akan semakin ingin kamu cepat lulus. Jika ada dosen lain yang “dekat” denganmu dan bukan sebagai dosen pembimbing atau penguji maka tidak ada salahnya minta pandangannya tentang skripsi kamu.

4. Jangan Takut Ditolak di Tempat Penelitian

Ditolak itu hal manusiawi. Situasi apapun akan diperhadapkan dengan “diterima” atau “ditolak”. Jadi jangan pernah takut ditolak, jika ditolak di tempat A maka sugestikan pikiranmu saja bahwa tempat A bukanlah tempat terbaik untuk membantuku penelitian. Minta saran dari dosen kamu tempat terbaik lain lagi.

5. Jangan Segan Minta Pendapat Teman

kamu dan teman kamu bisa saling mengoreksi isi dari skripsi kalian. Kalian bisa mengoreksi kata-kata yang salah ketik. Supaya hal sepele seperti salah ketik kata tidak lagi terjadi. Bisa juga kamu minta teman kamu ngajari cara pengolahan data, jadi kamu akan lebih muda mengolah data kamu jika sudah terkumpul.

6. Penyimpan Data

Nggak lucu kan kalau mau sidang malah hilang data-data kamu? Memang sering terjadi “data hilang” di kalangan mahasiswa. So, simpanlah skripsi kamu di email, facebook dan flashdisk kamu. Kapan pun kamu bisa mengambilnya dan nggak ada alasan untuk hilang data kamu lagi.

7. Rendah Hati Dan Jaga Kesehatan

Diperlukan sikap rendah hati saat menyusun skripsi. Turunkan ego kamu dan ikuti semua saran dosen kamu. Selama menyusun skripsi juga pola makan dan tidur kamu akan berubah jadi kamu harus tetap sehat, kamu nggak mau kan ketinggalan karena alasan harus masuk RS?

Selamat berjuang untuk catatan akhir kamu.