Apa kalian pernah menyadari sesuatu ketika kita menonton televisi atau film yang sedang disukai? Tanpa kita sadari, kita memiliki tipe atau ciri khas saat menonton film atau televisi. Nah, berikut adalah gaya orang-orang ketika menonton film.

Pendiam.

Gaya seseorang pendiam yang paling disukai oleh banyak orang. Gaya ini yang tidak pernah membuat jengkel kita saat menonton bareng mereka yang memiliki gaya pendiam saat menonton. Eits, tapi jangan lama-lama diamnya, takutnya malah kesurupan nanti!

Fokus.

Okelah, dia pendiam. Namun, saking lamanya dia diam, dan sampai-sampai ia benar-benar fokus. Dengan fokus tingkat dewa, penonton tipe ini adalah orang yang tidak bisa kita ajak bicara saat ia sedang menonton. Biasanya, mereka tidak memperhatikan atau gagal fokus dengan apa saja yang sedang kita bicarakan saat dia sedang menonton. Masih mending demikian, terkadang kita dianggap tidak ada oleh orang bertipe seperti ini.

Sudah capek-capek kita ngomong, eh dianya malah nggak denger apa yang kita omongin. So, jika kalian punya pacar bertipe ini, sebaiknya jangan sampai ketika kalian sedang ingin-inginnya diperhatikan, kalian mengajak menonton. Bisa-bisa dia menggantikan posisi kalian dengan tontonan dia.

Kritikus.

Tipe kritikus ini yang digemari orang untuk berbicara. Dengan adanya orang bertipe ini, mereka selalu menganalisa film atau tontonan tersebut. Entah dilihat kelemahannya, atau pun juga keunggulannya. Namun, kebanyakan orang bertipe ini, selalu mencari kelemahan dalam film atau tontonan ini.

Advertisement

Kata siapa orang dengan tipe kritikus ini adalah orang yang selalu digemari orang untuk berbicara? Justru dengan adanya orang yang kerap berbicara untuk mencari kesalahan-kesalahan dalam fim, maka orang yang ada di sekitarnya lama-kelamaan pasti akan merasa risih dan jengkel. Karena, di setiap scene dia akan terus berbicara tentang isi film tersebut dengan menyebutkan kelemehan-kelemahannya saja.

Jadi, untuk penonton bertipe demikian, disarankan saat menonton hendaknya mencari teman menonton yang juga suka mengkritik atau mencari kesalahan dalam film. Agar obrolan menjadi semakin seru, dan menemukan value dalam fim tersebut. Selain itu, orang mengantisipasi kebencian orang terhadap diri sendiri.

Pendongeng dan sok tahu.

Hati-hati dengan orang yang bertipe seperti ini. Karena, orang-orang yang bertipe seperti ini, biasanya mereka sudah mengerti isi atau jalan cerita film tersebut. Sehingga, di tengah tontonan tersebut, mereka akan selalu mengeluarkan suaranya untuk terus bercerita tentang film tersebut — apa yang terjadi, dan apa yang akan terjadi.

Hal itulah yang tidak disukai oleh orang lain. Karena, dengan adanya tipe orang yang seperti ini, dan menonton bareng kita, pasti kita sudah tidak mendapatkan feel untuk menghayati film tersebut. Begitu kesalnya kita, jika cerita dalam film sudah diceritakan. Untuk apa kita menonton film, jika sudah tahu ceritanya dari orang lain?

Yang ada, kita akan semakin kesal dengan orang itu. Sehingga, untuk kalian yang sadar akan diri kalian, yang cocok dengan tipe ini, setidaknya kalian menahan cerita kalian. Tutup mulut kalian, jika kalian sayang dengan orang yang sedang menonton bersama kalian.

Saling berisik.

Bukan hanya orang bertipe pendongeng yang membuat kita kesal saat menonton film. Ada tipe yang membuat kita kesal juga. Tipe itu ada tipe berisik sendiri dengan yang lain. Jika tipe ini adalah kalian yang sedang membaca artikel ini, setidaknya kalian sadar. Untuk apa kalian menonton, jika kalian asyik bercengkerama dengan orang lain?

Kasihan 'kan, orang yang sedang fokus menonton? Dia jadi gagal fokus pada fim, gara-gara kalian ribut sendiri. Tipe ini yang terkadang tidak tahu diri. Setidaknya, saat kalian ingin mengobrol dengan orang lain, kalian hendaknya keluar dari ruangan itu, dan puaslah kalian untuk berbicara dengan yang lain. Atau dengan perlahan juga tenang, jika kalian masih ingin tetap stay di tempat itu.

Jadi, kalian harus sadar diri, bahwa keberadaan kalian itu mengganggu. Mereka yang fokus, butuh ketenangan untuk menghayati sebuah tontonan. Sadarlah diri kalian yang berisik. Sebelum dia benar-benar marah, dan kalian bisa digampar olehnya, karena gagal fokus.

The Chatter.

Sebenarnya, tipe ini hampir sama dengan tipe sebelumnya, yaitu tipe berisik. Namun, perbedaannya adalah kondisi mereka. Kondisinya, mereka secara sengaja menggunakan tempat ruangan menonton atau bioskop sebagai tempat ngobrol. Tipe ada, ketika mereka sebenarnya memiliki niat untuk pergi ke suatu tempat untuk mengobrol, tapi karena ada berbagai alasan, akhirnya mereka memutuskan untuk pergi ke bioskop atau ke ruangan televisi untuk mengobrol.

Nah, inilah yang sangat disebalkan. Karena mereka melakukan itu dengan sengaja. Tapa mereka sadari, sebenarnya mereka sudah mengganggu orang lain saat menonton film. Sadarkah itu? Mungkin mereka adalah orang-orang yang cuek. Sehingga, bodohlah dengan apa yang dikata orang.

Usil.

Tipe ini yang sangat aneh dan tidak wajar. Bisa disebut, tipe ini like a child. Tipe seperti kekanak-kanakan. Bayangkan, bagaimana ketika kita menonton film, lalu di samping kita ada seorang anak kecil yang ikut menonton. Masih syukur, jika anak itu ikut menonton dengan tenang tanpa ada gangguan. Namun, itu adalah kemuungkinan kecil saja terjadi. Sama halnya dengan tipe orang usil saat menonton.

Terkadang, tipe orang ini, tipe orang yang mudah bosan. Sehingga, mereka mencari sesuatu untuk dikerjakan. Entah itu dengan cara menganggu, dengan towelan, bisa dengan berisik sengaja, atau yang lainnya. Selain itu, bisa juga ia memang butuh perhatian, sehingga ia membuat suatu kegiatan untuk mendapatkan perhatian kita.

Nah, itulah tipe-tipe orang saat menonton televisi atau film. Entah itu di rumah, entah itu di bioskop. Tipe manakah kalian? Pada intinya, saat kita menonton televisi atau film, setidaknya kita memiliki etika dalam menonton. Hargai orang-orang yang sedang menonton televisi dengan serius. Karena kita tidak suka mengganggu, sehingga kita jangan mengganggu. Ikuti etika dalam menonton.