Guys pernah tidak menjumpai masalah sosial di dalam pekerjaan? Seperti kena marah Bos, digosipin teman-teman kantor, atau masalah keuangan? Hal seperti itu pasti umum kalian rasakan sebagai seorang karyawan baik swasta maupun negeri, biasanya orang yang tidak kuat dengan problema dalam pekerjaan akan memilih resign dari pekerjaan dan mencari pekerjaan lain, padahal semua pekerjaan ada enak dan tidaknya.

Agar kalian tidak terlalu down dengan berbagai masalah dalam pekerjaan dan nyaman dalam bekerja, Hipwee punya tips-tips khusus buat kalian

Tanamkan dalam diri sendiri bahwa kalian karyawan bukan Bos jadi jangan sering mengeluh jika banyak tugas dari Bos

Sebagai karyawan yang baik dan teladan, mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasan dengan cepat dan benar adalah hal yang sebaiknya kalian lakukan, hindari mengeluh dengan teman sekantor atau iri dengan teman sekantor yang tidak banyak pekerjaan, karena teman sekantor bisa saja malah iri dengan kalian dan nantinya disampaikan ke atasan kan gawat. Positif thinking saja mungkin bos sedang mau mengangkat kita ke tahap lebih tinggi tapi harus diberi tes-tes dulu 😀

Jika kalian karyawan baru segera mungkin beradaptasi dan berkawan dengan senior

Jika karyawan baru biasanya akan malu-malu dan takut salah jika harus berdekatan dengan senior, jangan rendah diri guys kalian harus berkawan dengan senior sebelum kalian akan di cap sebagai karyawan yang penyendiri dan gak mau bergaul , jadi bahan gossip deh upss gak mau kan?padahal kalian baik hati dan tidak sombong :*

Bertemanlah dengan karyawan yang suka menggosip atau orang yang up date dengan berbagai masalah di kantor

Tenang dulu guys, gak sepenuhnya berkawan dengan mereka tukang gosip bikin kita juga jadi buruk, NO. ambil positifnya, dalam pekerjaan pastilah ada yang namanya geng-geng pertemanan (kayak jaman SMA saja) tapi memang itulah yang terjadi dalam dunia pekerjaan.

Advertisement

Jika kalian berkawan dengan mereka dijamin yang akan dijadikan bahan gossip pasti bukan kalian kok, kan bikin kita nyaman dalam bekerja termasuk cara agar kita semangat dalam bekerja juga loh, selain itu masalah-masalah terupdate juga bakal kita tahu dengan sendirinya tanpa kita harus cari tahu sendiri. Yang terpenting adalah kalian jangan ikut bergosip cukup menjadi pendengar saja.

Jangan pernah curhat masalah kantor dengan teman sekantor.

Pasti kalian berfikir ini berat, karena kebanyakan karyawan ingin melepas sedikit kegundahan dengan curhat kesesama teman. Jangan ya guys, kenapa? Karena ini adalah dunia pekerjaan bukan sekolah lagi, kalian dan teman kantor kalian bekerja mencari uang, jadi bisa saja teman kalian malah bocorin masalah kalian ke teman lain kan gak mau atau malah ke boss bisa lebih gawat.

Jika ingin sharing, lebih baik ke orang terdekat kalian entah suami/istri, pacar/gebetan, kakak/adik, ayah/ibu, atau sahabat kalian yang tidak sekantor dengan kalian.

Jika sering diajak teman untuk makan di luar atau belanja, cari alasan kesibukan yang lain agar kalian tidak ikut dengan mereka.

Jika kalian karyawan wanita pasti akan senang ikut makan di luar bareng temen-temen apalagi belanja, meskipun niat kalian hanya menemani jangan ikut ya guys, karena naluri seorang wanita pasti tidak akan bisa diam jika temannya makan dan kalian diam saja tanpa ikut pesan makan/ minum, atau temannya belanja barang-barang bagus pasti kalian juga ingin kan?

Ingat pemborosan itu juga tidak bagus, apalagi jika kalian belum berkeluarga, keperluan sehari-hari kalian yang menanggung kalian sendiri, gak mau kan entar di akhir bulan ada undangan kondangan dan kalian tidak ikut karena uang bulanan habis atau iuran apalah yang tiba-tiba datang tanpa kalian punya simpanan yang lain, Jadi saran Hipwee mending tidak perlu ikut daripada uang kalian habis dalam sehari.

Berpakaianlah dengan rapi, sopan, dan menarik/ enak dipandang.

Penting untuk diperhatikan bahwa penampilan itu sangat penting dalam pekerjaan, seseorang yang kucel, bajunya tidak rapi/tidak disetrika, dan bau badan pasti akan dihindari oleh teman-teman yang lain termasuk boss kalian tidak akan pernah memandang kalian. Jika sudah begitu, kalian akan diasingkan, jadi bahan gossip, dan tidak akan pernah naik jabatan.

Jadi bolehlah seminimal kalian make up sebelum berangkat kerja (jangan berlebihan ya guys, ntar dikira ondel-ondel), memakai parfum, dan merapikan baju. Buat kalian yang masih jomblo sapa tau ketemu jodohnya sesama teman kantor pastinya kalian udah siap.

Munculkan aura keceriaan dan keramahan dalam diri kalian, jika merasa gokil jangan pendam bakat kalian dan buat orang lain tertawa.

Ini point cukup penting agar kalian nyaman dan betah berlama-lama bekerja di kantor. Orang yang ramah, mudah bergaul, dan lucu akan mempunyai banyak teman dan kemudahan dalam bekerja. Kalian tidak hanya disukai oleh sesama teman kantor tapi Bos juga akan senang ketika bertemu kalian. Orang-orang akan menilai kalian selalu semangat dan secara tidak langsung membuat teman kalian ikut bersemangat, super sekali.

Nah itulah sejumlah tips yang bisa Hipwee bagi buat kalian karyawan-karyawan teladan. Pastikan bekerja dalam kenyamanan akan menghindari dari stress berlebih. Semoga kalian berhasil good luck.