Matahari terbenam digantikan dinginya malam,pertanda hari sedikit lagi akan usai. Hari terus berjalan berganti dari senin sampai ke minggu tetapi apakah kita benar-benar menjalani hari itu? atau kita hanya mengikuti arus rutinitas yang telah diciptakan? Setiap orang diberikan waktu yang sama 24 jam tidak ada yang kurang tidak ada yang lebih,yang membedakan hanya cara kita menggunakanya apakah kita benar-benar menjalani jam produktif atau kita hanya melewatinya.Pasir di pantai menggambarkan secara jelas bahwa begitu gampangnya jejak kita dihapus dan begitu cepatnya waktu berlalu.

Memori merupakan hal yang kita simpan dari suatu kejadian. Memori tentang bagaimana kita merasakan kasih sayang seorang ibu, memori tentang bagaimana kita merasakan aman ketika berada disekitar ayah dan memori bagaimana kita bersyukur dapat menikmati apa yang kita dapat nikmati hari ini. Memori tidak selamanya tentang hal baik,terdapat memori yang buruk namun terbenam dalam memori yang buruk dapat menghambat kehidupan kita di waktu mendatang. Pershabatan yang baik antara memori kita akan menghasilkan kehidupan yang lebih bersahabat di kemudian hari.Persahabatan yang baik adalah yang menerima baik dan buruk dari orang lain,begitu juga dalam pershabatan memori karena memori yang buruk dan memori yang baik adalah bagian dalam hidup kita dan sudah seharusnya mereka menerima satu dengan yang lainya.

Minuman yang pahit yang kita kenal selama ini dengan kopi muncul sebagai jawaban untuk para pekerja yang ingin memaksimalkan jam kerjanya dan juga para pekerja yang ingin menambah 24 jam dengan mencuri hari selanjutnya.Rasa pahit yang dipercaya mampu membuka mata adalah rasa yang dicari dari secangkir kopi panas. Dalam kehidupan ini kita dipercayakan indra perasa yang mampu merasakan banyak rasa. Banyak rasa yang kita dapat rasakan setiap hari namun lebih banyak rasa yang kita lupakan dibandingkan rasa yang kita ingat. Waktu yang terus berganti begitu cepat memaksa kita untuk cepat menyesuaikan diri dengan keadaan di sekitar tanpa menyadari dan menyimpan rasa yang kita dapatkan, hal ini yang membuat kita kurang memaknai hal-hal yang terjadi di kehidupan kita.

Rasa yang ditinggalkan oleh secangkir kopi sama halnya dengan jejak langkah yang kita tinggalkan di pantai,semuanya akan hilang ketika ada arus baru yang datang menyapu bersih jejak rasa yang ditinggalkan sebelumnya. Pahitnya kopi luwak akan hilang dengan manisnya cheesecake begitu seterusnya. After taste yang pahit merupakan rasa yang ditinggalkan oleh secangkir kopi di indra perasa manusia.Rasa ini yang akan kita ingat dan akan kita simpan di memori tentang bagaimana rasa secangkir kopi. Dalam kehidupan ini apakah rasa yang kita sudah tinggalkan?

Langkah kaki kita akan terus maju kedepan untuk menggapai mimpi yang sudah disediakan akan tetapi sadarkah kita tentang rasa apa yang kita tinggalkan di kehidupan kita ini? Pahlawan meninggalkan kisah heroiknya membela negara atau kepentingan banyak orang. Pemain sepakbola meninggalkan goal dan piala untuk negara dan tim yang dia bela. Benar bila dikatakan kita semua punya jalan hidup berbeda satu dengan yang lain,tetapi salahkah apabila kita mulai memikirkan rasa apa yang kita tinggalkan di lingkungan kita? Tanpa kita sadari kehidupan kita dilihat oleh orang banyak,tentunya diluar pengikut social media yang kebanyakan mengikuti kita karena hanya mereka kenal kepada kita. Kehidupan ini tentunya bukan hanya tentang kita dan kita saja,akan lebih baik kalau kita mulai memberikan dampak buat lingkungan kita.

Advertisement

After taste yang kita tinggalkan di kehidupan orang bisa bermakna baik ataupun buruk,untuk itu kita harus lebih peka dan lebih sadar menjalani hidup karena hidup ini akan lebih menarik apabila kita memiliki persahabatan daripada permusuhan.Tinggalkanlah rasa yang baik agar banyak yang mau berteman dan menghindari permusuhan yang terjadi di antara kita. Memori yang baik akan selalu menjadi hal yang baik tidak pernah berubah walaupun dunia ini berubah,terkadang kita hanya terbenam di zona bagaimana memperkaya diri kita sendiri tanpa kita sadar tentang bagaimana efek yang kita timbulkan dari pemikiran itu.Jadilah arus yang merubah dan menghapus jejak-jejak rasa tidak enak yang orang alami sepanjang hidupnya,jadilah pembawa rasa manis kepada orang2 yang selama ini tidak pernah merasakanya. Dunia akan jauh lebih manis apabila banyak hal manis yang terjadi didalamnya yang tertinggal.

Rasa apa yang dapat kita tinggalkan? Mulailah untuk melihat dari lingkungan terkecil yang kita miliki apakah kita sudah meninggalkan rasa atau kesan yang baik buat mereka? atau selama ini kita tidak meninggalkan rasa yang baik atau bahkan rasa yang tidak enak. Selama bumi berputar dan selama kita masih diberikan nafas untuk menjalani hidup ini selama itu juga kita dapat meninggalkan rasa yang baik kepada orang disekitar kita. Selamat berbagi rasa.