Introvert sebutan bagi seseorang yang lebih suka dengan kesendirian, lebih nyaman jika berada di tempat yang sepi, dan tak perlu untuk selalu bertemu dengan banyak orang. Beberapa orang menilai introvert itu anti sosial, mereka sama sekali tak tertarik untuk bertemu ataupun bersosialisasi dengan seseorang, tapi sebenarnya introvert itu bukan anti sosial tapi kami ini orang yang selektif.

Nyaman dengan dunia kami, menilai seseorang dari kepribadiannya, cara bersikapnya, dan cara orang lain memperlakukan dia, introvert lebih memilih untuk melihat sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda tak perlu banyak teman, cukup satu ataupun dua, kualitas lebih penting dibanding kuantitas, introvert lebih nyaman untuk bercanda sekedarnya, memilih untuk berada ditempat yang tenang tanpa gangguan, memilih untuk tak berinteraksi dengan orang, tapi mereka sanggup untuk menilai seseorang itu baik ataupun tidak. karena pada dasarnya introvert belajar dari pengalaman orang lain, belajar dari buku, tulisan, dan dari cerita.

dalam hidup ini manusia tak akan pernah terpisah dari orang lain, mereka disebut sebagai makhluk sosial, tapi introvert itupun juga berlaku, ada masa dimana seorang introvert dihadapkan pada situasi harus bergaul dengan orang banyak, bukan berarti seorang introvert akan diam dan seperti terasing, mereka mampu untuk bergaul dan membicarakan hal-hal yang sama dengan orang lain, hanya saja seorang introver lebih memilih untuk tetap berada di zona nyaman, karena berinteraksi dengan terlalu banyak orang membuat seorang introvert merasa semua mata tertuju untuk menatapnya.

Introvert itu adalah sebuah pilihan, jangan menilai seorang introvert tidak mau bergaul dengan orang, merka hanya lebih memilih untuk membuat dirinya nyaman.

Mengurusi urusannya sendiri dibanding urusan orang lain. Kelak yang ditanya adalah tentang dirimu bukan tentang orang lain, kelak yang harus dipertanggungjawabkan adalah dirimu bukan orang lain.