Negeri kita adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam, tidak hanya di wilayah daratan saja namun di wilayah lautan pun negeri kita menyimpan banyak sekali sumber daya alam yang sebenarnya dapat memenuhi semua kebutuhan masyarakat Indonesia baik itu papan, sandang dan pangan.

Jika negeri kita mampu memanfaatkan dengan baik maka negeri ini sungguh sangat kaya dan mampu bersaing secara ekonomi dalam persaingan global dengan negeri-negeri adidaya seperti Amerika, Cina, Tiongkok dan negeri lainya. Tapi mengapa negeri yang kaya ini masih masuk dalam daftar negeri yang masih berkembang dan mayoritas masyarakatnya masih hidup dalam kemiskinan dan kemelaratan?

Sumber daya alam dengan tingkat perekonomian sebuah negeri sangat mempengaruhi satu sama lain, idealnya sebuah negeri yang kaya akan sumber daya alam akan mempunyai tingkat perekonomian yang sangat tinggi. Namun, pada kenyataannya justru negara yang kaya akan sumber daya alam kebanyakan adalah negeri yang masuk dalam daftar negara berkembang dalam segi perekonomian dibanding negeri yang mengandalkan bidang industri dan jasa justru memiliki tingkat perekonomian yang tinggi.

Hal itu bisa disebabkan oleh kondisi ekonomi di negeri kaya akan sumber daya alam cenderung tidak stabil karena lemahnya perkembangan teknologi dan kualitas sumber daya manusianya sehingga belum mampu mengolahnya secara optimal dan membawa keuntungan yang besar untuk perekonomian dalam negeri. Lemahnya pemerintah dalam mengambil peran serta adanya korporasi jahat antara para penguasa dan pengusaha menambah ambruknya kestabilan ekonomi dan sosial di sebuah negeri.

Kekayaan sumber daya alam negeri kita memang sangat luar biasa bahkan sejak zaman dahulu negeri-negeri asing menjelajah samudera untuk mencari rempah-rempah sampai ke negeri kita karena bagi mereka salah satu kualitas rempah-rempah terbaik ada di negeri kita bahkan hingga kini negeri asing tersebut mayoritas yang menguasai sebagian besar sumber daya alam potensial seperti minyak bumi, gas alam, timah, emas, uranium dan sebagainya. Kemerdekaan yang kita dapat hanyalah kemerdekaan semu, nyatanya negeri kita masih dijajah oleh asing dari segi ekonomi.

Advertisement

Indonesia adalah negeri yang sangat kaya akan biodiversitas, tingkat keanekaragaman hayati sungguh luar biasa. Kita akan menemukan spesies flora dan fauna yang berbeda-beda. Karakter geografis Indonesia yang berada wilayah Tropis memberikan banyak sekali keuntungan terhadap biodiversitasnya.

Banyak sekali jenis flora yang mampu tumbuh dengan cepat dan adanya lempeng tektonik di wilayah dataran Indonesia memberikan keuntungan dengan memiliki tanah yang subur dan kaya akan mineral. Dari ujung barat sampai ke ujung timur Indonesia memiliki karateristik flora dan faunanya masing-masing tergantung bagaimana kondisi geografis di suatu daerah.

Alam tentu memberikan kehidupan bagi para penghuninya, alam mampu menyediakan semua kebutuhan hidup manusia. Semua yang kita butuhkan mulai dari membuka mata ketika mengawali hari dan memejamkan mata di kala ujung hari berasal dari alam.

Kita sebagai manusia tentu sangat bergantung pada alam, jangan sampai kita merusaknya dengan angkuh dan serakah. Cobalah sejenak merenung untuk merasakan betapa alam telah memberikan kita kehidupan, bersyukurlah kita masih dengan gratis menghirup oksigen yang segar tanpa membayar sepeserpun.

Alam menjadi sahabat yang baik untuk kita, dia adalah sumber inspirasi yang tak pernah kering dan dia ikhlas memberi tanpa meminta pamrih. Alam adalah keluarga kita, merusaknya berarti melukai perasaanya, sama saja kita melukai saudara kita sendiri. Mari jagalah alam, niscaya alam akan menjagamu.