Well,

Sekedar untuk bahan perenungan saja ya,

Kali ini kita akan mencoba membahas salah satu kegalauan lain setelah lulus dari dunia kampus dan segala cerita indahnya.

Merantau memang bisa menjadi salah satu jalan untuk menemukan jati diri, menempa diri menjadi pribadi yang berbeda, menjadi sosok yang mau dan akan berusaha semampunya menjajal dunia luar yang kaya akan tantangan dan petualangan.

Tidak sedikit cerita dan kenangan yang akan terukir, terlebih jika kita sudah memiliki teman yang banyak di perantauan.

Advertisement

Dan biasanya mereka akan menjadi bagian hidup yang takkan terlupakan.

Lalu kenapa kita harus pulang?

Orang tua

Untuk kamu yang sudah mendapat pekerjaan sebelum lulus, tentu bukan pilihan utama dalam memikirkan hal ini, sebab kamu sudah memiliki kontrak dan tanggung jawab atas pekerjaan yang kamu ambil. Nah tetapi seiring waktu kamu juga harus memikirkan keadaan orang tua dan kampung halaman kamu, tanah yang telah membesarkanmu sejak lahir.

Sebesar apapun gajimu, senyaman apapun kantormu dan setinggi apapun jabatanmu, kamu masih punya orang tua yang harus kamu jaga, baik dari segi makan, kesehatannya dan mengisi akhir hidupnya dengan kehadiranmu.

Ada Peluang

Kalau kamu adalah seseorang yang memiliki good – trackrecord – personality, kamu bisa memanfaatkan peluang untuk berkembang di kampung halaman. Sebagai contoh, kamu bisa mengajak teman-teman kampus yang beda jurusan untuk membuat suatu pemutakhiran teknologi untuk membantu kondisi perekonomian di tempatmu.

Atau tidak salah dengan mengajak teman SD SMP yang satu daerah bahu-membahu mengembangkan kekayaan lokal.

Sarana Pembaktian Diri

Setelah semua ilmu dan pengalaman yang telah kamu dapatkan dirasa cukup dan kamu mumpuni untuk mengembangkannya di kampung halaman, kenapa tidak?

Toh ini bisa menjadi salah satu wujud pengalaman dan bakti kamu untuk sesama manusia dan bangsa, kan?

So, buat kamu yang sedang kebingungan mau kerja di mana, tak ada salahnya menengok tanah kampung.