Tidak ada yang menjamin masa depan seseorang seperti apa. Tidak ada yang tahu kapan dan apa yang akan tejadi. Semua kehendak Tuhan yang mengambil kendali.

Ada pepatah mengatakan “Apapun yang dilakukan sekarang akan berdampak pada 5 tahun mendatang.” Sepertinya pepatah ini ada benarnya. Saat Tuhan menitipkan masa muda, masa di mana semua hal bisa kita coba. Seakan tidak ada kata dosa. Mulai mencari tahu tentang dambaan hati, mencari jati diri, pergi kesana kemari dengan smartphone tercanggih dan seakan hidup masih kurang tanpa rekreasi.

Menurutmu rutinitas kuliah Itu membosankan. Kamu menjadi malas kuliah dan bolos kapanpun kamu mau. Menghabiskan waktu ke tempat tempat yang viewnya bagus untuk diupload. Tidak ketinggalan juga kamu menggunakan Camera, baju bermerk, tas, sepatu bahkan perawatan rambut yang seakan tidak pernah lepas dari hidupmu dengan gaji orang tua.

Manjelajahi alam dan menambah banyak teman memang menyenangkan, tapi tidak ada aturan untuk terus bersenang senang kan? Toh kalau kita tetap focus dengan mimpi dan harapan yang sudah digenggam. Kita juga bisa lebih bersenang-senang bersama semua orang.

Hai kawula muda, ingat masa masa kita menjadi jiwa muda tidak hanya dihabiskan hanya untuk senang senang sesaat. Ibu dan ayah menunggumu di rumah untuk kau segera pulang. Untuk kau memamerkan gelar sarjana lulusan terbaik dan mengenalkan perempuan untuk kau halalkan.

Advertisement

Sekarang apa yang kamu cari dari hasil jepretan terbaikmu yang diupload di social media? Ingin banyak likes? Banyak komentar dari teman? Pernahkah kamu menghabiskan waktu untuk memikirkan apa yang akan terjadi jika hanya begini? Cobalah sediakan waktu untuk evaluasi diri. Agar kelak kamu bisa berdiri dengan kaki sendiri. Meraih semua mimpi yang diharapkan orang orang yang setia menemanimu.

Jangan terlalu berkorban untuk seseorang yang belum pasti bersamamu, membahagiakanmu, tidak akan menyakitimu. Karena hanya ayah dan ibu makhluk titipan Tuhan yang tidak akan menyakiti hatimu. Mereka selalu menggenggam doa doa baik dan harapan yang menarik. Hanya kamu anak yang dibanggakan untuk masa depan mereka.