Sebagai mahasiswa asing, pertanyaan yang satu ini selalu kudapati. Tidak hanya di lingkungan kampus, tetapi juga di jalan atau di tempat kerja.

Asal kamu darimana? Pertanyaan yang selalu muncul ketika aku lagi asik-asiknya bercengkrama.

Aku dari Indonesia. Ketika kata Indonesia ini terucap, aku selalu mendapatkan respon yang berbeda.

Waah Indonesia yaa, yang selalu ada matahari dan panas. Kamu beruntung sekali bisa tinggal di sana.

Bagi mereka yang tinggal di negara empat musim, sinar dan hangatnya matahari adalah hal yang sulit untuk di dapat. Mereka hanya bisa menikmatinya selama tiga bulan di musim panas saja, karena di tiga musim lainnya, suhu dingin akan lebih dominan. Maka tak jarang, jika musim panas datang, banyak yang berjemur di taman, pinggir danau atau sungai dan melakukan aktivitas outdoor lainnya.

Advertisement

Indonesia? Yang pulaunya banyak itu?

Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara. Ada lebih dari 17000 pulau, dimana 8000 nya tidak berpenghuni. Fakta ini terkadang membuat mereka terkejut. Tidak disangka ternyata Indonesia sangat luas dan banyak pulau tersebar di sana.

Oiya Indonesia. Kalian berbicara dengan bahasa apa disana?

Terkadang pertanyaan ini juga terlontar dari mulut mereka. Masih banyak yang belum tahu kalau Indonesia memiliki bahasa sendiri, yaitu bahasa Indonesia. Jika mereka menanyakan hal ini, biasanya aku juga menambahkan sedikit kalau kita juga memiliki bahasa daerah. Setiap daerah memiliki bahasa yang berbeda. Ada lebih dari 300 bahasa. Ketika mereka mendengarkan hal ini, mereka semakin kaget dan bertanya bagaimana kita masyarakat Indonesia berkomunikasi dengan yang lainnya, yang berbeda daerah. Maka aku jelaskan, kita menggunakan bahasa nasional kita.

Indonesia? Ya aku tau, yang ada orang utan itu kan? Hehehe

Ternyata bagi beberapa orang, hal yang identik dengan Indonesia itu ialah orang utan. Bahkan di beberapa pameran foto, mereka juga memamerkan foto orang utan. Tak hanya itu, di beberapa kebun binatang di sini, kita juga bisa menemukan orag utan.

Indonesia? Waw negara dengan muslim terbanyak

Biasanya kalimat ini aku dengar dari mereka yang beragama Islam, seperti dari Turki, Maroko, dll. Mereka sangat senang dengan muslim Indonesia.

Suatu ketika di jalan, aku pernah bertemu dua orang muslim sedang berjalan. Mereka mengucapkan salam dan aku pun menjawab salam mereka. Tak lama setelah itu mereka bertanya, dari mana? Aku jawab, Indonesia. "Sudah kuduga, muslim Indonesia begitu ramah", sambung mereka.

Indonesia itu di mana?

Kenyataannya memang bekum semua orang mengenal Indonesia. Biasanya aku menanyakan kepada mereka, "Kamu kenal Bali gak?" Mereka menjawab, "Yaa aku tahu Bali." "Nah Bali itu juga bagian dari Indonesia," ucapku. Memang tak jarang, masih ada yang belum tahu kalau Bali itu juga termasuk Indonesia.

Iyaa aku tahu Indonesia. Makanannya enak-enak, terus ada rendang

Di samping itu Indonesia juga dikenal dari kulinernya. Banyak dari mereka yang menyukai makanan Indonesia, dan yang terkenal itu beberapanya ialah sate dan rendang. Restaurant Indonesia juga sering mereka kunjungi disini. Setiap ada acara kebudayaan Indonesia, hidangan kuliner Indonesia selalu disuguhkan. Raut wajah bahagia terpancar jelas dari mereka ketika menyantapnya.

Begitulah Indonesia, banyak hal yang bisa menjadi daya tarik mereka. Jadi apa kita masih merasa rugi untuk menjadi bagian dari Indonesia? Betapa beruntungnya kita, karena semua itu hanya ada di Indonesia. Banyak kebudayaan daerah yang berbeda yang seharusnya akan selalu menyatukan kita seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu.