Ketika sahabatmu putus dengan pacarnya dan dia mengatakan hal mengerikan semacam, "tanpa dia, gue rasanya benar-benar akan mati" Maka, kamu harus menegaskan penjelasan di bawah ini dengan percaya diri untuk menenangkan hatinya, "apa yang tidak membunuhmu akam membuatmu lebih kuat!"

Ilmu pengetahuan telah membuktikan kebenaran akan hal ini. Sebuah studi dari Sanford Burnham Prebys Medis Discovery Institute (SBP) telah menemukan bahwa ketika manusia mengalami trauma atau stres, tubuh akan menciptakan sel kuat yang lebih siap untuk masa depan, guna menghadapi masalah yang lebih membuat stres lagi di masa depan nanti.

Anggap saja seperti ketika kamu mengangkat beban. Ketika kamu mengangkatnya, maka serat ototmu akan tegang. Lantas seperti menyembuhkan ototmu tersebut, tubuh memiliki mekanisme tersendiri untuk membangun kembali serat baru yang membuat kamu jadi lebih kuat lagi.

Para ilmuwan berbicara tentang hal yang sama di sini, tapi pada tingkat molekuler. Penelitian yang diterbitkan di Nature Communications, yang menjelaskan proses autophagy, yaitu "daur ulang dari sel yang sudah tua dan rusak, atau dari bagian yang tidak dibutuhkan lagi oleh sel sehingga komponen mereka dapat digunakan kembali untuk membuat molekul baru atau untuk menghasilkan energi" Dengan kata lain, stres yang kamu alami saat ini dapat menyebabkan umur panjang bagi kamu dalam jangka panjang ke depan nanti.

Associate Professor di SBP, Malene Hansen, Ph.D melakukan penelitian dalam kaitannya dengan Huntington Disease, yaitu suatu penyakit keturunan yang pada akhirnya menyebabkan degenerasi otak pada orang berusia tua. Hansen dan timnya menaruh autophagy untuk menguji dengan cara mengamati kebiasaan kelangsungan hidup cacing gelang. Dengan menyimpan cacing tersebut pada suhu yang lebih tinggi daripada suhu yang biasanya selama satu jam, para peneliti menemukan bahwa kemampuan bertahan hidup cacing tumbuh. Bahkan, ketika cacing tersebut ditempatkan kembali ke dalam panas bersama dengan cacing lain yang sebelumnya tidak terkena suhu lebih panas tersebut, mereka mampu mentolerir jauh lebih baik daripada disaat suhu mereka yang biasa.

Advertisement

Jadi, apa artinya ini bagi kehidupan cinta manusia?

Nah, waktu kamu memang tidak bisa bersama dengan si dia lagi, maka pikirkan saja tentang cacing-cacing gelang ini. Dalam artian, Tuhan sudah mempersiapkan hatimu agar lebih kuat lagi, lebih berlapang dada lagi dengan kehidupan di masa yang akan datang yang barangkali akan lebih rumit lagi perjalanannya.

Kamu adalah pejuang kehidupan, dan kamu harus menjalani hidup dengan menjadi semakin kuat dari hari ke hari!