Sesungguhnya untuk memulai sebuah hubungan tidaklah sulit. Setelah berkenalan dan merasa ada kecocokan atau sesuatu yang membuat kita tertarik biasanya akan berlanjut satu langkah ke depan. Namun siapa sangka bahwa yang tersulit adalah mempertahankan hubungan yang sudah terjalin. Tidak sedikit dari hubungan pasangan yang akhirnya kandas ditengah jalan karena banyak hal. Nah, sekarang kamu bisa mencocokkan apakah hubunganmu dengan pasangan sudah bisa dikatakan hubungan yang sehat dengan beberapa point berikut:

1. Bertanggungjawab

Yang menjadi tanggungjawab kita kepada pasangan adalah tentang perilaku kita, sikap kita dan nilai-nilai yang kita anut bersama. Dalam hal ini termasuk bagaimana kita mengakui kesalahan kepada pasangan dan meminta maaf serta berusaha tidak lagi mengulanginya lagi.

2. Tidak ada kekerasan fisik

Hubungan yang sehat seharusnya didasari oleh cinta dan kasih sayang. Jika dalam hubungan terjadi kekerasan baik fisik ataupun psikis, maka hal itu sudah termasuk dalam 1 list hubungan yang tidak sehat. 

Advertisement

3. Kejujuran

Harga kejujuran saat ini sangatlah mahal. Mulai sekarang mulailah untuk bersama-sama membangun komunikasi yang terbuka dan terpercaya. Sehingga kalian akan jauh dari saling berprasangka dan hidup bahagia.

4. Saling Mendukung

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memberi dukungan terhadap pasangan. Kita bisa memulai untuk memahami dirinya lebih dalam, memberi dukungan dan dorongan atas pilihannya, mendengarkan keluh kesahnya dan bukan men-judge-nya. Yang tidak kalah penting adalah menghargai keputusan dan pilihannya. Karena yakinlah setiap orang memiliki cara yang mereka yakini adalah yang terbaik.

5. Bekerjasama

Membuat gambaran masa depan bersama, dan memutuskan segala sesuatu bersama akan membuat pasangan merasa jatuh dan bahagia bersama. Mau berkompromi dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing serta mau menerima perubahan tidak akan memperkeruh suasana yang berujung keributan.

6. Kepercayaan

Selain membangun kepercayaan kepada pasangan, perlu juga kita percaya bahwa lika-liku kehidupan ini tidak mudah. Dengan saling percaya bahwa dengan bersama akan mampu untuk menjalani semua rintangan yang menghadang.

Selamat mengevaluasi bagaimana selama ini hubungan kalian telah berjalan. Ingat, jangan hanya salah satu saja yang berjuang untuk membangun hubungan yang sehat, Tetapi kedua pasangan harus berusaha untuk mewujudkannya.