Pernahkah kalian merasa hari begitu sibuk sampai kalian bingung bagaimana cara me-mixandmatch pakaian kalian? Apa yang kalian pakai sebagai outfit hari itu tanpa terkesan cuek, norak, bahkan salah kostum? Warna gelap dan monokrom jawabannya. Tiap orang pasti punya minimal satu pakaian yang berwarna hitam. Ingat coco chanel, little black dress ? LBD adalah salah satu must have item­ untuk wanita. Simple, classic, elegant merupakan kesan pertama saat melihat LBD. Hitam benar-benar warna paling aman kan?

Lalu, mengapa saya katakan bahwa pria sebagai warna hitam?

Beberapa teman wanita saya sering bercerita (baca: curhat) tentang hubungan romantis mereka. Manusia sebagai mahluk yang diciptakan berpasang-pasangan, tapi bukan berarti mereka tidak bisa bertanggung jawab atas diri mereka sendiri. Jangan menggunakan alasan bahwa ‘kan permpuan’.

Hal teraneh yang paling sering saya dengar ketika teman saya harus bertanya pada pacarnya apakah dia boleh membeli baju dengan model tertentu dan ketika pacarnya menjawab ‘tidak’ maka dia akan patuh pada pacarnya dan mengurungkan niat membeli baju.

Selain itu pernah juga teman saya tidak diperbolehkan untuk ikut jalan-jalan bersama kami yang berteman sudah bertahun-tahun notabene yang berteman sebelum dia kenal pacarnya hanya karena pacarnya tidak bisa menemani atau sedang dalam keadaan badmood.

Sungguh ironis bagaimana perempuan meletakan tanggung jawab kepada pria dan melepaskan kemandirian mereka sebagai manusia bebas.

Advertisement

Apakah pacarmu seorang desainer ternama yang dapat menilai pakaian apa yang bagus dan boleh kamu pakai? Ataukah dia lebih dari ayahmu yang harus memberimu ijin sebelum keluar sekedar hangout bersama teman-temanmu? Mengapa kalian merasa aman saat mendapat ‘ijin’ dari mereka? Apakah mereka tau semua yang terbaik untuk kalian daripada diri kalian sendiri?

Pernahkah kalian berpikir pacar kalian tidak bersama kalian karena alasan tertentu?

Mereka manusia sama seperti kita wanita. Intinya adalah, ‘mengapa kita mengikat diri? Bergantung pada sesama manusia? Apakah wanita sekarang sudah kehilangan kekuatan dan kemandirian yang justru membuat pesona tersendiri pada golongan manusia yang dicap harus dilindungi?

Pernahkah kalian melihat pria menangis? Percayalah, mereka masih manusia mereka juga menangis, marah, sering berubah mood sama seperti kita. Jadi apakah kalian masih memilih untuk menjadi wanita yang semakin kelihatan lemah?

Jadi, apakah wanita sebenarnya tidak membutuhkan pria?

Hitam adalah warna yang paling aman cocok di segala sesuatu bahkan saat terdesak kita memilih menggunakan pakaian warna hitam karena paling aman. Sama seperti tanggung jawab dan power yang tadi dijelaskan. Bukan berarti kita sebagai wanita tidak membutuhkan pria.

Ada saat-saat tertentu kita membutuhkan peran pria. Ingatlah bahwa wanita juga manusia bebas yang lahir bersama tanggung jawab pada dirinya sendiri untuk menjadi wanita mandiri dan mempunyai power.