Waktu atau masa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian.

Pernahkah terlintas oleh kita pertanyaan-pertanyaan berikut yang terus membayangi dan membentuk sebuah lingkarang-lingkaran dalam lamunan sesaat sebelum mata terpejam dalam larutnya malam?

Hari ini apakah aku sudah melakukan yang terbaik?

Apakakah aku sudah bisa memanfaatkan waktuku dengan baik?

Adakah kegiatan-kegiatan yang selama ini aku jalani yang kurang bermanfaat?

Advertisement

Aku masih punya waktu berapa lama disini?

"Bolehkah aku meminjam pengalaman mu wahai saudaraku, engkau yang mungkin telah dulu diciptakan tuhan,ku yakin liku-liku hidupmu telah lebih banyak dariku". Sebuah pengalaman yang katanya mahal untuk kebanyakan orang, akhir-akhir ini aku pun mulai percaya dengannya. Tapi aku ingin mendapatkannya dengan harga yang murah,karna aku sendiri penggemar berat slogan "Kalau ada yang murah kenapa cari yang mahal" hmm ya ya ya… good idea!

Lalu bagaimana caranya mendapatkan pengalaman dari sebuah kehidupan yang belum pernah kita arungi? salah satu nya yaitu dengan cara membaca.

Sedikit kata-kata dari sosok pemberi inspiasi "Seringkali kita meremehkan "membaca", padahal hal ini jika disadari dan dilaksanakan akan memberikan banyak hal yang luar biasa bermanfat. Dengan membaca kita bisa menambah umur, menghemat umur sekaligus menghemat harta dalam waktu yang bersamaan. Saya beri sedikit illustrasi, buku adalah hasil pengalaman dan pengamatan penulis selama waktu tertentu yang dituliskan di dalam lembar-lembar yang dapat dibaca, berarti ketika kita membaca suatu buku, seolah-olah kita telah mengalami apa yang dialami oleh penulis, minimal berpengaruh dalam cara berpikir kita".