Gerakan Ayo Nabung Sampah

Melakukan hal kecil dengan cara yang luar biasa

Mungkin 5000 Rupiah akan terasa banyak jika buat sedekah. Pernakah anda berhitung seberapa banyak sampah yang anda buang setiap hari. Pernahkah terlintas dalam benak anda bahwa sebenarnya sampah itu bisa disedekahkan. Maksudnya sedekah sampah??? Ya sedekah sampah, ada banyak jenis sampah anorganik yang memiliki nilai ekonomis. Apa saja jenisnya? Bank Sampah Ampelgading sedang menyusun jenis sampah dan daftar harganya. Mari kita berhitung yang 12 juta rupiah dulu.

Bank Sampah Ampelgading sudah berumur 2 tahun. Ada sekitar 40 nasabah yang aktif menabung setiap bulan. Dari 40 nasabah yang aktif menabung sampah anorganik rata-rata mereka mendapat 15 ribu rupiah tiap bulannya. Itu artinya mereka bisa mendapat 180 ribu tiap tahunnya, cukuplah buat beli 1 kg daging plus bumbu-bumbunya. Jangan lupa bahwa duit tadi berasal dari sampah yang dinggap tidak ada ada gunanya dan hanya mencemari lingkungan.

Andai saja kegiatan ini bisa dikoordinir di setiap Desa hingga tingkat RT, dan setiap Desa minimal ada 200 rumah yang rajin menabung sampah di Bank Sampah. Kita buat angka minimal 5000 setiap rumah, maka akan terkumpul Rp 1.000.000 tiap bulannya. Dalam 1 tahun akan terkumpul Rp12.000.000. Mungkin angka itu tidak terlalau banyak tapi saya kira lumayan buat menbantu acara rutinan Desa seperti: 17 Agustusan atau dialokasikan untuk kegiatan-kegiatan solial lainnya semisal: disumbangkan ke Masjid, Mushalla, Sekolahan atau buat membantu sudara-saudara kita yang membutuhkan. Hal yang paling penting adalah kita juga ikut serta dalam menjaga kebersihan lingungan sekitar.

Advertisement

Menabung sampah merupakan kegiatan yang sangat sepele dan bisa dilakukan oleh semua orang dan ternyata bisa bermanfaat untuk Alam Semesta. Tapi kegiatan menbung sampah harus dilakukan secara bersama-sama untuk medapat hasil yang maksimal. Mungkin inilah yang disebut melakukan hal kecil dengan cara yang luar biasa. Mari kita pilah sampah dan menabungnya di Bank Sampah. SAMPAH=RUPIAH. (Fauzan Robusta)

NB: Tulisan ini sebelumnya sudah dimuat di www.banksampahapelgading.com

tulisan saya muat kembali di www.hipwee.com dengan harapan semakin banyak pembaca dan semakin banyak orang yang peduli terhadap Lingkungan sekitar.